For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

5 Kapal Selam Tercepat Yang Pernah Dibangun

Kapal selam nuklir kelas Seawolf

3. Kelas Seawolf

Kapal selam kelas Seawolf telah menjadi kapal selam tercepat yang dibangun Amerika. Selama uji coba, kapal selam tersebut mencapai kecepatan tertinggi 38 knot (70,38 kilometer per jam).

Namun kapal selam nuklir multi-peran Seawolf adalah salah satu Project paling mahal dalam sejarah Angkatan Laut Amerika Serikat. Biaya masing-masing dari tiga kapal selam yang dibangun mencapai US$ 3 miliar.

Tingginya biaya ini memaksa Pentagon untuk menghentikan pembangunan kapal selam dan beralih ke kapal selam kelas Virginia yang lebih murah.

Kapal Selam Kelas Lira Rusia

2. Kelas Lira

Unit pembangkit listrik kapal selam ini menghasilkan daya 115 megawatt yang mendorong kapal selam bisa melaju dengan kecepatan 41 knot (75,93 kilometer per jam).

Project 705 Lira yang disebut NATO sebagai Alfa adalah salah satu kelas kapal selam yang paling tidak biasa dalam sejarah Angkatan Laut Rusia. Kapal selam kelas Lira dilengkapi dengan sistem komando dan kontrol otomatis hingga hanya memiliki 31 awak.

1. Project Anchar

Selama uji coba pada tahun 1970, kapal selam mencapai kecepatan maksimum 44,7 knot (82,78 kilometer per jam), rekor yang tak terkalahkan hingga saat ini.

Kapal selam K-162 Anchar Soviet adalah kapal selam tercepat di dunia. Kapal itu dipersenjatai dengan rudal jelajah anti-kapal.

Kemampuan kecepatannya memiliki sisi negatif  karena kapal memiliki tingkat kebisingan yang sangat tinggi. Kerugian ini membuat kapal selam taktis tidak berguna, selain biayanya yang juga sangat mahal. Project ini dianggap sia sia.

Facebook Comments