For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

5 Kapal Selam Tercepat Yang Pernah Dibangun

Ilustrasi

Mampu bergerak dengan kecepatan tinggi merupakan salah satu fitur penting dari kapal selam multirole bertenaga nuklir modern. Sebuah kapal selam perlu cepat memburu musuh tapi juga meloloskan diri dari pasukan anti-kapal lawan.

Selama Perang Dingin, Amerika Serikat dan Uni Soviet berkompetisi ketat untuk membangun dominasi militer global, termasuk di bawah laut. Konstruktor dan insinyur terbaik Amerika serta Soviet menginvestasikan banyak waktu dan energi untuk mengembangkan kapal selam mutakhir dengan spesifikasi dan kemampuan yang luar biasa termasuk dengan kecepatan tinggi.

Berikut lima kapal selam tercepat yang pernah dibangun:

Kapal Selam Kelas Los Angeles

5. Kelas Los Angeles

Kapal selam kelas Los Angeles memiliki kecepatan maksimum 35 knot (64,82 km per jam yang mengalahkan kapal selam tercepat milik Soviet kala itu yang memiliki kecepatan hingga 28 knot (51,2 km per jam). Untuk kapal selam Soviet, sangat sulit untuk melarikan diri saat dikejar oleh kapal selam kelas Los Angeles sejak tahun 1970an.

Barracuda

4. Project 945 Barracuda

Untuk terus mengawasi gerakan NATO, kapal selam kelas Barracuda dirancang untuk memiliki kecepatan maksimum 35,15 knot (65,1 kilometer per jam).

Target utama kapal selam Project 945 Barracuda yang oleh NATO disebut sebgai Sierra-I adalah untuk menyerang kapal selam strategis musuh dan kelompok tempur kapal induk. Barracuda pertama mulai beroperasi dengan Angkatan Laut Soviet pada tahun 1984.

NEXT
Facebook Comments