5 Monster Laut Ini Gagal Berlayar

Kapal perang merupakan teknologi perang yang memerlukan investasi dan biaya  sangat mahal.

Butuh waktu lama untuk merancang dan membangun. Dalam lingkungan geopolitik abad ke-20 kapal perang yang direncanakan tidak selalu berakhir dengan keberhasilan.

Bahkan akhirnya tidak mampu berlayar. Dan berikut lima kapal perang yang tidak pernah dibangun tetapi tidak pernah berlayar.

kapal South Dakota

 

1. South Dakota (Amerika Serikat)

Pada akhir Perang Dunia I, Inggris, Jepang, dan angkatan laut Amerika mulai berlomba membangun kapal perang dengan konstruksi yang mengesankan.

Amerika yang relatif tidak terlibat perang sebelummya memiliki keunggulan dalam hal ekonomi yang lebih baik sehingga berpotensi memenangkan perlombaan ini.

Amerika merancang dua entri pertamanya yakni battlecruisers kelas Lexington dan kapal perang kelas South Dakota.

South Dakota merupakan salah satu kapal dengan desain paling kuat. Memiliki bobot perpindahan 48.000 ton dan akan mampu melaju dengan kecepatan 23 knot serta akan mengusung 12 senjata besar yang ada di tiga menara kapal. Persenjataan utama ini akan membuat mereka menjadi kapal terkuat yang pernah dibangun.

Tetapi kemudian muncul Washington Naval Treaty yang membatasi ukuran kapal sehingga program ini dihentikan. Dari rencana semula membangun enam kapal tidak ada satupun yang selesai.

kapal G3

 

2. G3 (United Kingdom)

Battlecruisers kelas G3 menjadi gambaran perubahan radikal dari Angkatan Laut Inggris. Seperti yang juga dialami dengan lahirnya HMS Hood yang lahir sebelumnya.

G3 akan mengadopsi beberapa inovasi, termasuk senjata 16 inci, tiga menara, dan skema perlindungan modern.

Menggusur 48.000 ton, G3 akan membawa 9 senjata 16 “di tiga menara dengan kecepatan maksimum 32 knot dan baju besi yang sepadan dengan senjata yang mereka bawa.

Secara bentuk G3 berada di antara kapal perang paling jelek yang pernah direncanakan. Namun demikian, mereka unggul dalam baju besi dan persenjataan dibandingkan kapal milik Jepang dan Inggris pada saat itu.

Seperti South Dakota dan beberapa kapal perang kelas lain, G3 tidak pernah menjadi kenyataan karena adanya Washington Naval Treaty.

NEXT
Facebook Comments

error: Content is protected !!