For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Angkatan Laut China Terima Kapal Selam Nuklir Baru, Tetapi Bukan Yang Tercanggih

Angkatan Laut China kembali meningkatkan kekuatan bawah gelombangnya dengan menerima satu kapal selam nuklir baru. Namun kapal selam ini diduga bukan yang paling canggih.

Global Times mengutip seorang pejabat China Shipbuilding Industry Corporation (CSIC) melaporkan Kamis 21 September 2017 melaporkan kapal selam nuklir baru telah diserahkan ke Angkatan Laut China. Namun, para ahli percaya bahwa kapal selam ini bukanlah type 096, yang merupakan kapal selam nuklir strategis generasi berikutnya milik China.

Kapal selam  dibangun di galangan kapal Dalian yang juga membuat kapal induk China. Namun, galangan kapal tersebut tidak mengungkapkan nama dan jenis kapal selam tersebut.

Beberapa pengguna internet dan penggemar militer berspekulasi bahwa kapal selam tersebut adalah Tipe 096, kapal selam nuklir China yang paling canggih dan penerus type 094 yang digunakan saat ini.

Tetapi Song Zhongping, seorang ahli militer yang bertugas di PLA Rocket Force mengatakan kecil kemungkinan kapal selam itu adalah Type 096. Kapal ini belum selesai dibangun karena harus mengembangkan banyak teknologi baru yang lebih canggih. Kapal baru yang diterima bisa jadi adalah Type 094 atau bahkan Type 093.

Kapal selam nuklir strategis tersebut juga disebut kapal selam rudal bertenaga nuklir, mampu meluncurkan hulu ledak nuklir dari laut dan dapat menjadi platform “serangan kedua” ke sebuah negara dalam perang nuklir.

Kapal selam nuklir menjadi salah satu dari triad nuklir selain rudal berbasis darat dan rudal nuklir yang dibawa bomber.

Tahun lalu, India yang menjadin pesaing China telah mencapai kemampuan triad nuklir setelah peluncuran kapal selam nuklir pertama INS Arihant yang diproduksi sendiri.

Di bawah reformasi besar-besaran yang dilakukan oleh militer China, angkatan laut diberi peran penting di atas Angkatan Darat dan Angkatan Udara untuk memperluas kekuatan global negara tersebut.

Laporan kepada Kongres AS mengenai kekuatan militer China oleh Departemen Pertahanan Amerika pada 2017 menyebutkan kapal selam nuklir China generasi berikutnya, Type 096, kemungkinan akan mulai dibangun pada awal 2020-an, dan dilaporkan akan dipersenjatai dengan JL-3, sebuah rudal balistik berbasis kapal selam.

Baca juga:

Si Bongkok dari China ini Bisa Lebur Amerika

Facebook Comments