For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Ada Ship, Ada Boat, Apa Bedanya?

Kali ini kita bahas hal yang sederhana saja yakni apa sih sebenarnya perbedaan antara Ship dan Boat. Sebelumnya kita sepakati dulu Ship berarti kapal dan Boat berarti perahu.

Aturan gampang di Pendidikan Angkatan Laut dan Pelatihan Komando Amerik adalah bahwa Anda bisa menempatkan perahu di atas kapal dan tidak bisa menempatkan kapal di atas perahu. Dengan kata lain perahu itu ukurannya lebih kecil.

Sekoci, dinghies atau runabouts masuk kategori perahu (boat). Tetapi ada juga istilah yang membingungkan ketika kargo besar seperti juga kerap disebut Boat seperti Great Lakes. Untuk hal ini kita abaikan saja karena ini khusus untuk istilah militer.

Nah, di Angkatan Laut juga kerap dibedakan lagi antara Ship dan Boat ini. Biasanya untuk kapal yang beroperasi di atas permukaan disebut Ship. Nimitz-class aircraft carriers sampai Cyclone-class patrol ships, disebut dengan USS (United States Ship).Sementara Boat itu untuk kapal selam.

Meskipun memakai sama “USS”. Alasan untuk ini tidak sepenuhnya jelas, tetapi telah menjadi tradisi di Angkatan Laut Ship itu untuk kapal di permukaan, sementara Boats untuk di bawah permukaan.

Facebook Comments