For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Upgrade Tank Abrams Membingungkan

M1A2 SEPv3

Angkatan Darat Amerika sedang bekerja untuk mengupgrade tank M1A2 Abrams mereka. Tetapi jika dilihat prosesnya menjadi agak membingungkan dan mungkin terlihat sembrono.

Beberapa waktu lalu Pentagon memberikan kontrak senilai US$ 311 juta ke General Dynamics Land Systems untuk membangun tujuh varian “system enhancement package” variant 4 (SEPv4) dari  M1A2 Abrams.

Tetapi dua minggu setelah pengumuman itu  Angkatan Darat Amerika mengungkapkan ternyata mereka bahkan belum menerima pengiriman prototip tank upgrade sebelumnya yang dikenal sebagai SEPv3.

Sebagaimana dilaporkan Scout Warrior, Angkatan Darat Amerika baru akan menerima tank SEPv3 pertamanya bulan September ini, itupun mereka baru akan menerima enam unit. Untuk diketahui Angkatan Darat memiliki sekitar 1.500 tank Abrams M1A2. Upgrade akan menjadikannya sebagai SEPTv3 sementara SEPv4 adalah varian lebih canggih lagi.

Lebih aneh lagi meskipun belum menerima tank SEPv3 baru, Pentagon sudah melemparkan US$ 270 juta di General Dynamics Land Systems pada  5 September untuk mengupgrade 45 tank tambahan menjadi varian ini.

Dengan kata lain, sebelum menerima prototipe pertama SEPv3, Pentagon telah memutuskan untuk mengupgrade lebih banyak. Tidak peduli bagaimana kualitas SEPv3 nanti.

 

Facebook Comments