For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

F-16 Belgia Berkenalan dengan Flanker Rusia

Belum lama setelah mengambil alih peran misi pengawasan udara Baltik atau Baltic Air Policing NATO di Ämari Air Base, Estonia, jet tempur F-16 Belgia langsung menyapa Flanker Rusia.

Pada 5 September 2017, sebuah radar NATO mendeteksi dua jet tempur Angkatan Udara Federasi Rusia yang meninggalkan wilayah udara Kaliningrad menuju utara melalui wilayah udara internasional.

Pesawat militer tidak mengkomunikasikan identitas mereka dan tidak berhubungan dengan Kontrol Lalu Lintas Udara sipil. Sejalan dengan prosedur standar, F-16 Belgia kemudian diterbangkan untuk mengidentifikasi jet tersebut yang ternyata adalah Su-27UB milik Angkatan Laut Rusia yang terbang dengan pesawat kargo Il-76 Rusia. Semua pesawat Rusia kembali ke Kaliningrad dan jet F-16 Belgia dengan aman mendarat di Ämari Air Base.

Baltic Air Policing adalah misi khusus di aliansi Atlantik Utara yang dilakukan secara bergiliran dengan mengirimkan jet mereka ke wilayah Baltik untuk memberikan kemampuan mencegat pesawat pada Estonia, Latvia dan Lithuania. Tiga negara tersebut tidak memiliki pesawat tempur untuk misi semacam itu.

Saat ini misi Baltic Air Policing dipimpin oleh pesawat tempur F-15 Angkatan Udara Amerika Serikat yang dikirim ke Šiauliai, Lithuania, dan F-16 Belgia di Ämari, Estonia.

Baca juga:

Ini Alasan Kenapa Su-27 Masih Harus Ditakuti Dunia

Facebook Comments