For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Bagaimana Sebenarnya Bomber B-2 Siluman Bekerja?

b-2-mop

SENJATA

Awalnya, tujuan utama B-2 adalah untuk membawa bom nuklir ke Uni Soviet pada saat perang. Dengan runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, militer mendefinisikan kembali peran B-2. Hal ini sekarang diklasifikasikan sebagai bomber multi-peran – itu dirancang untuk membawa bom konvensional di samping amunisi nuklir.

B-2 memiliki dua peluncur berputar, bertempat di pusat pesawat. Ketika komandan misi siap untuk menembak, ia mengirim sinyal ke komputer onboard. Komputer membuka pintu teluk bom, berputar peluncur untuk posisi bom yang benar dan kemudian melepaskan bom itu.

Peluncur membawa bom konvensional gravitasi – ” dumb ” bom yang hanya jatuh pada target mereka – serta bom presisi dipandu yang mencari target mereka. Pesawat dapat membawa sekitar 40.000 pon amunisi.

B-2 bom presisi dipandu sebenarnya ” dumb ” amunisi dengan sistem bimbingan terpasang terpisah  yang dikenal sebagai Joint Direct Attack Munition (JDAM), termasuk sirip ekor  , komputer kontrol, sistem inertial guidance, dan penerima GPS. B-2 menggunakan receiver GPS sendiri untuk menentukan target.

Di udara, penerima GPS JDAM memproses sinyal dari satelit GPS untuk melacak posisi sendiri, sedangkan sistem inertial guidance trek perubahan bom di posisi. Komputer kontrol menyesuaikan sirip penerbangan yang JDAM untuk memandu bom ke sasaran yang dituju. Ini sistem penargetan yang tepat memungkinkan-B 2 untuk menjatuhkan bom dan membuat cepat melarikan diri.

Bom bekerja dengan baik bahkan dalam cuaca buruk, karena JDAM hanya perlu untuk menerima sinyal satelit untuk menemukan target tanpa   harus melihat apa-apa di tanah sama sekali.

Karena biaya tinggi dan relatif kurangnya pengalaman di lapangan, B-2 adalah senjata yang cukup kontroversial. Sementara beberapa analis menahan itu sebagai puncak dari pesawat militer, yang lain mengatakan pesawat memiliki keterbatasan yang parah, seperti    kemampuan siluman yang kerap terganggu  ‘cuaca buruk.

Tapi hampir semua orang setuju itu adalah pengembangan penting dalam evolusi teknologi aeronautika. Bagaimanapun pesawat ini sangat menakjubkan.

sumber: howstuffworks.com

Facebook Comments