For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Tidak Kalah Hebat, Kenapa T-72 Kedodoran Lawan M1 Abram?

PENGEMBANGAN T-72 (1967)
Tata letak dasar dari T-72
Tata letak dasar dari T-72

T-64 adalah tank utama untuk pasukan Uni Soviet sedangkan T-54/55 secara luas diekspor ke negara lain. Biro Desain Uralvagonzavod sedang mencari upaya untuk mengatasi masalah yang ada pada T-64 dan T-64A. T-64A meski merupakan peningkatan dari T-64 tapi masih dipertahankan beberapa problem.

Tank baru ini kemudian diberi label dengan Objek 172, Biro Kharkov (yang telah merancang T-64) juga mengembangkan Objek 219 yang nantinya akan emnghasilan T-80 tersebut.

Objek 172 memakai banyak bagian T-64 yang kemudian akan masuk produksi sebagai T-72. Politik di Uni Soviet mengatakan bahwa T-72 akan dialokasikan untuk ekspor dan T-80 akan menjadi MBT utama tentara Soviet.

Object 172 yang menampilkan suspensi dan roda T-64 yang kemudian diganti dengan desain baru.
Object 172 yang menampilkan suspensi dan roda T-64 yang kemudian diganti dengan desain baru.

 T-72 berada di garis keturunan T54 / 55 dan penerus T-34. Tank ini mudah untuk dipelihara dan dioperasikan dengan membawa meriam 125mm dengan berbagai amunisi untuk berbagai jenis target.

Amunisi disimpan di bawah kru di menara, karena desainer berpikir bahwa daerah ini memiliki probabilitas paling kecil untuk dihantam tembakan. Tetapi akhirnya ini menjadi cacat mematikan dari tank itu.

Meskipun menggunakan meriam yang lebih besar, jangkauan efektif maksimum adalah 1800m karena kurangnya sudut elevasi dan tinggi keseluruhan lebih kecil dari kendaraan.

Objek 172M dengan suspensi dan roda jalan baru
Objek 172M dengan suspensi dan roda jalan baru

Ketinggian kendaraan dibuat lebih kecil karena Soviet ingin sisi siluet kecil, sehingga membuatnya menjadi sasaran sulit untuk ditembak.

T-72 membawa total 39 putaran dan autoloader sehingga menghilangkan kebutuhan untuk anggota awak 4 dan mengurangi berat tank.

Mesin asli memiliki kekuatan 780hp, namun varian baru dapat menggunakan berbagai mesin dengan berbagai parameter. Tank berbobot 40 ton ini bisa disebut ringan tetapi bukan kendaraan lapis baja ringan.

Sebuah T-72M Irak menembakkan meriam utama selama latihan pada tahun 2008
Sebuah T-72M Irak menembakkan meriam utama selama latihan pada tahun 2008

Soviet memperbolehkan Polandia dan Republik Ceko untuk memproduksi tank dengan menggunakan baju besi dan FCS (Fire Control System) yang mereka miliki. Banyak negara termasuk dari timur tengah menerima turunan versi tank yang disebut “model monyet”.

Irak digunakan amunisi yang telah dipensiun oleh Rusia dan tank mereka memiliki pemandangan yang buruk serta tidak ada night vision atau visi termal. Dalam perang gurun dengan visibilitas yang buruk, tank ini tidak memiliki kesempatan untuk bertarung melawan musuh yang kredibel.

NEXT: PENGEMBANGAN M1 ABRAMS (1972)

Facebook Comments