For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Inggris Harus Berjuang Keras Mengatasi Kapal Selam Rusia

Kapal selam Nuklir Inggris HMS Vanguard di Naval Base Clyde, Faslane, Skotlandia
Kapal selam Nuklir Inggris HMS Vanguard di Naval Base Clyde, Faslane, Skotlandia

Ahli militer memperingatkan bahwa meningkatnya aktivitas otot dari angkatan laut Rusia merupakan ancaman langsung terhadap pertahanan Inggris.

Dr Andrew Foxall, seorang ahli Rusia dari think tank Henry Jackson Society, memperingatkan bahwa jika Rusia bisa mendapatkan acoustic signature kapal selam Vanguard berarti mereka kmungkinan akan bisa melacak dan menenggelamkan kapal pembawa Trident sebelum mereka bisa meluncurkan rudal mereka.

“Rusia telah mampu untuk mendapatkan informasi berharga tentang rantai komando, dan kesiapan unsur-unsur dalam sistem pertahanan Inggris. Kapal selam Rusia, yang mengintai dari pangkalan angkatan laut di Skotlandia, mencari lebih banyak informasi sensitif – acoustic signature  yang dibuat oleh kapal selam Vanguard. Jika Rusia dapat memperoleh rekaman acoustic signature, itu akan memiliki implikasi serius bagi penangkal nuklir Inggris – Rusia akan mampu melacak Vanguard dan berpotensi menenggelamkan  mereka sebelum mereka bisa meluncurkan rudal mereka,” katanya dikutip Daily Mail.

Inggris terus berusaha meningkatkan kemampuan militernya. “Kami menghabiskan lebih banyak uang untuk pertahanan dibandingkan negara lain di Eropa, melebihi target NATO 2 persen dari PDB  dan  anggaran akan mencapai £ 40 miliar per tahun pada akhir Parlemen seperti yang kita berinvestasi £ 178 miliar dalam peralatan selama dekade berikutnya,” kata Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan  Celestino.

Namun dia mengakui meski ketika aturan-aturan itu dilaksanakan masih akan jauh dari ideal.

 

Facebook Comments