For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Amerika Punya Alasan Jelas untuk Khawatir dengan Kapal Selam Kazan Rusia

Rusia pada Jumat 29 Maret 2017 lalu meluncurkan kapal selam Kelas Yasen kedua yang dikenal sebagai Kazan. Amerika punya alasan jelas untuk khawatir dengan kapal selam nuklir ini.

Kapal selam Project 885 upgrade ini diluncurkan di  dermaga Sevmash. Sebelumnya baru ada satu kapal kapal kelas ini yakni Severodvinsk yang sudah beroperasi dengan Armada Utara Rusia.  Dave Majumdar, editor pertahan National Interest mengakui Kazan menjadi salah satu kapal paling mematikan milik Rusia dan telah menekankan pada perbaikan besar dibandingkan Seveodvinsk.

Perbaikan  termasuk bentuk lambung kapal selam yang  dioptimalkan, upgrade peperangan dan otomatisasi sistem elektronik, penambahan dua silo sistem peluncuran vertikal, dan sistem propulsi pump-jet yang memungkinkan untuk beroperasi dengan lebih senyap. Selain itu  tabung torpedo baru dan upgrade platform untuk peluncuran  rudal  Kalibr dan Oniks P-800 juga menjadi kekuatan baru dari kapal selam ini.

Setelah operasional,  Kazan  akan menjadi kapal selam   paling tangguh yang harus dihadapi  Angkatan Laut Amerika Serikat.

Selain Severodvinsk dan Kazan, Angkatan Laut Rusia telah memerintahkan lima kapal selam serangan kelas Yasen, empat di antaranya dalam berbagai tahap konstruksi.

Berbicara kepada Radio Sputnik tentang kemampuan kapal selam baru,  pengamat dan veteran militer Rusia Viktor Litovkin menjelaskan bahwa kapal ini benar-benar  kapal selam serangan serbaguna yang unik. Mereka akan  menimbulkan ancaman serius bagi platform musuh seperti kapal permukaan, kapal selam, dan target berbasis darat, termasuk kelompok tempur kapal induk.

“Ini benar-benar  unik. Kapal selam itu dirancang untuk melawan tidak hanya kelompok tempur kapal induk dan kapal selam multiguna strategis, tetapi juga menyerang pangkalan militer musuh yang terletak di daerah pesisir,” tambahnya.

“Untuk ini ia tidak hanya memiliki rudal jelajah lengkap dan senjata modern, tetapi memiliki sistem yang baik kontrol, sistem pengawasan dan deteksi yang baik untuk mendeteksi kapal selam asing, dan untuk terlibat dalam bimbingan rudal,” kata Litovkin.

Lebih lanjut ia menekankan,  keunggulan sangat penting dari kapal selam ini adalah kemampuan beroperasi dengan senyap dan dapat dapat mendeteksi musuh sebelum musuh mendeteksi.

“Amerika memiliki alasan yang tepat untuk  khawatir denegan  kemampuan kapal selam kami. Saran bagi mereka adalah jelas tidak mengejar rencana agresif terhadap negara kami,” katannya Senin 3 April 2017.

Tetapi  ahli militer ini juga mengakui bahwa pengamat AS kadang terlalu berlebihan dalam ketika mengupas senjata Rusia dengan tujuan untuk  menakut-nakuti pembaca mereka. “Ketika Amerika berbicara tentang senjata kami menggunakan superlatif, mereka hanya memiliki satu tujuan: untuk menakut-nakuti seseorang dan memeras dana yang diperlukan untuk pengembangan tentara dan angkatan laut mereka sendiri,” Litovkin menyimpulkan.

Facebook Comments