For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

126 Helm Pilot Seahawk US Navy Seharga Rp665 Miliar

Kontraktor pertahanan Amerika Serikat Elbit Systems memenangkan kontrak senilai hampir US$ 50 juta atau sekitar Rp665 miliar untuk pengadaan 126 helmet display tracker systems (HDTS).

Helm ini digunakan pilot helikopter tempur maritim Sikorsky MH-60 Seahawk Angkatan Laut Amerika guna meningkatkan kemampuan pelacakan dan penembakan target.

“Elbit Systems of America [di] Fort Worth, Texas, telah diberikan kontrak senilai US$ 49.800.000  untuk pengadaan 126 helmet display tracker systems  (HDTS) dan item terkait untuk pilot  MH-60 Angkatan Laut,” demikian keterangan Pentagon dalam rilis resmi yang dikeluarkan Rabu 22 Maret 2017.

Dengan nilai kontrak sebesar itu maka harga satu helm pilot helikopter ini akan mencapai sekitar Rp5 miliar. Angka ini hampir setara dengan harga helm pilot tempur F-35 yang mencapai US$400 ribu perunitnya atau sekitar Rp5,2 miliar.

HDTS akan meningkatkan kemampuan penargetkan bagi  pilot helikopter dan menawarkan ketepatan tinggi saat menggunakan senjata  baik senapan otomatis dan roket terarah 2,75 inci  serta roket presidi dipandu.

Kontrak pengadaan 126 pilot ini sendiri diharapkan akan selesai pada 2021.

Baca juga:

Seharga Rp5,2 Miliar Helm F-35 Mengganggu Pilot Saat Pendaratan Malam

Facebook Comments