For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Melacak Jejak Vikramaditya

INS Vikramaditya, dibangun dari bekas penjelajah berat pengangkut pesawat Soviet Admiral Gorshkov. Kapal ini telah melalui sejarah panjang dan menarik.

Kapal in memulai hidupnya sebagai penjelajah pengangkut pesawat bernama Baku. Dia memiliki persenjataan berat di haluan sementara dek pinggir digunakan untuk operasi udara.  Fasilitas penerbangannya akan digunakan pesawat Yak-38 dan helikopter angkatan laut.

Kapal in diganti namanya menjadi Admiral Gorshkov pada tahun 1991. Setelah runtuhnya Uni Soviet, dia dinonaktifkan dan ditawarkan untuk dijual. India mencapai kesepakatan dan setelah mereparasi dengan dana miliaran dolar dia memasuki layanan India pada 2013. Dia akan terus melayani angkatan laut India selama beberapa dekade.

Mari kita telusuri sejarah dari kapal induk  yang sekarang jadi andalan Angkatan Laut India ini dengan berbagai gambar menarik.

Vikramaditya 2

Baku memakai sebuah pulau yang berbeda dibandingkan dengan operator kelas Kiev lainnya karena menjabat sebagai test bed untuk pembangungan kelas Kuznetsov.

Vikramaditya 3

Baku yang diluncurkan pada 31 Maret 1982.

Vikramaditya 4 Vikramaditya 5

 

Baku menjalani uji coba menembak pada tahun 1987 sebelum ditugaskan.

Vikramaditya 6

Gambar ini menunjukkan senjata & sensor yang mengesankan array.

Vikramaditya 7

Yak-38 lepas landas dari dek kapal.

Vikramaditya 8

Helikopter angkatan laut Kamov menjadi pemandangan umum di atas geladak kapal Soviet dan Rusia dan digunakan untuk berbagai macam peran seperti SAR, AEW, ASW dll

Vikramaditya 9

Kapal juga digunakan untuk menguji jet STOVL supersonik Yak-141, salah satunya jatuh di dek kapal.

Vikramaditya 10

Tidak ada kapten kapal  yang ingin musuh melihat kapatlnya. Tetapi dalam hal ini kapal selam Amerika berhasil memantau Baku.

NEXT: MERANA SETELAH PENSIUN 

Facebook Comments