Rusia Tertarik Beli BrahMos untuk Su-30SM Mereka

Su-30SM/Sputnik

Militer Rusia tertarik membeli rudal jelajah BrahMos, yang dikembangkan bersama dengan India, untuk melengkapi pesawat tempur Sukhoi Su-30SM mereka.

“Sistem rudal baru yang dibawa pesawat ini pertama akan beroperasi dengan Angkatan Udara India Setelah itu Angkatan Udara Rusia sangat tertarik dan ┬ádapat membeli sistem,” kata sumber di Army Forum-2016 sebagaimana dikutip TASS Kamis 8 September 2016.

Dia menambahkan bahwa negosiasi dengan pihak Rusia mungkin mulai pada tahun 2017 setelah penerbangan tes dari para jet tempur Su-30MKI India dengan rudal BrahMos selesai.

Angkatan Udara India telah melakukan uji penerbangan dengan membawa rudal BrahMos versi peluncuran udara melakukan di musim panas 2016.  Penembakan pertama rudal diharapkan berlangsung sebelum akhir tahun.

India berencana untuk melengkapi tiga resimen Su-30MKI dengan rudal supersonic itu. Militer India saat ini memasukkan BrahMos dalam layanan Angkatan Darat dan Angkatan Laut.

Jet tempur multifungsi Su-30SM adalah meningkatkan dari versi Su-30MKI India yang diterbangkan Angkatan Udara Rusia. Pesawat memiliki persenjataan, radar, sistem komunikasi, dan peralatan lainnya yang ditingkatkan. Kontrak pertama pembelian Su-30SM dilakukan pada tahun 2012.

Su-30 (Flanker-C) adalah pesawat dua mesin dua kursi dengan kemampuan supermaneuverable yang dikembangkan oleh Rusia Sukhoi Aviation Corporation. Pesawat ini mampu beroperasi di semua cuaca dan melakukan pertempuran udara dan serangan darat.

Baca juga:

Kenapa Rusia Butuh Banyak Su-30SM?

Facebook Comments