For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

5 Alasan Kenapa Kapal Induk AS Hampir Tidak Bisa Ditenggelamkan

USS John C. Stennis/ Defense.gov

Kapal induk bertenaga nuklir adalah ekspresi jelas dari kekuatan militer Amerika. Tidak ada sistem tempur lain yang dimiliki AS yang mampu memberikan begitu banyak pukulan ofensif selama berbulan-bulan secara terus menerus tanpa memerlukan pangkalan darat kecuali platform ini.

Akibatnya, sepuluh kapal induk yang mereka miliki tidak pernah istirahat karena terus diminta untuk  melakukan misi perang.

Tidak ada yang meragukan kegunaan kapal besar ini. Dan tidak ada yang mengimbangi kekuatan Amerika Serikat dalam sektor ini. Amerika Serikat adalah satu-satunya negara yang mengoperasikan kapal induk cukup besar.

Namun, dua isu telah datang lagi sejak Perang Dingin berakhir yang telah menyebabkan setidaknya beberapa pengamat mempertanyakan tentang keberadaan dan kemamapuan kapal induk tersebut. Salah satu kekhawatiran adalah bahwa mereka terlalu mahal dan rentan terhadap serangan.

Jika dilihat sebenarnya hanya sekitar satu persen dari anggaran federal untuk digunakan membangun, mengoperasikan dan mempertahankan semua kapal induk Angkatan Laut Amerika.

Selain itu tidak ada yang menawarkan alternatif kredibel untuk mencapai kemampuan yang sama dengan biaya yang lebih murah.

Masalah kerentanan juga mencuat dengan mengatakan 5.000 pelaut dan enam lusin pesawat kinerja tinggi di kapal seharga US$10 miliar akan menjadi sasaran empuk lawan karena besarnya kapal. Perkembangan rudal antikapal menjadi salah satu penyebab munculnya kekhawatiran tersebut.

Tetapi benarkah kapal induk Amerika bisa dengan mudah ditenggelamkan. Jika melihat lima alasan ini sepertinya justru sebaliknya, hampir tidak mungkin untuk melakukan hal tersebut. Apa saja alasan itu?

1.Tangguh

Kapal induk merupakan kapal cepat dan tangguh. Kapal induk Kelas Nimitz, jenis yang mendominasi armada saat ini, dan kapal induk Kelas Ford yang akan menggantikan mereka, adalah kapal perang terbesar yang pernah dibangun.

Mereka memiliki 25 deck setinggi 250 kaki tingginya, dan menggusur 100.000 ton. Dengan ratusan kompartemen kedap air dan ribuan ton baja, tidak ada torpedo konvensional yang akan menyebabkan kerusakan serius.

Kapal induk juga bisa bergerak sampai dengan 35 mil per jam yang berarti bisa berlari lebih cepat dari kapal selam.

Dalam waktu 30 menit setelah terlihat oleh musuh, daerah di mana kapal induk mungkin yang beroperasi telah berkembang 700 mil persegi; setelah 90 menit akan diperluas menjadi 6.000 mil persegi.

2.Memiliki Sistem Pertahanan Tinggi

Kapal induk AS dilengkapi dengan pertahanan aktif dan pasif yang luas untuk mengalahkan ancaman seperti rudal jelajah yang terbang rendah dan kapal selam. Ini termasuk sensor array kinerja tinggi, rudal radar dan Gatling Gun 20 mm yang menembak 50 putaran per detik.

Kapal membawa lebih dari 60  pesawat termasuk satu skuadron pesawat peringatan dini yang dapat mendeteksi ancaman yang mendekati dan helikopter anti-kapal selam, anti-permukaan dan perang kontra ranjau.

Semua sensor defensif dan senjata kapal induk berada dalam jaringan ke pusat komando untuk tindakan terkoordinasi terhadap lawan.

NEXT
Facebook Comments