For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Plus Minus Siluman Amerika dan Rusia

SISI LEMAH
T-50 dianggap masih lemah dalam soal radar dan sifat siluman dibanding pesawat AS
T-50 dianggap masih lemah dalam soal radar dan sifat siluman dibanding pesawat AS

Namun di sisi lain harus diakui jet tempur siluman Amerika ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Rusia telah membuat lompatan besar dalam kemampuan sensor mereka. Tetapi pesawat-pesawat tempur AS sepertinya masih unggul di titik ini

“Pertanyaan sebenarnya adalah dapatkah Rusia mencapai tingkat yang sama dalam hal data fusion dan kemampuan jaringan dibandingkan F-22A dan F-35. Dalam hal ini saya akan menaruh uang saya di Amerika Serikat dan sekutu kami dalam hal itu,” kata Deptula.

Seorang pejabat industri senior AS setuju dengan penilaian Deptula itu. Dalam hal avionik nya, PAK-FA lebih dekat ke Boeing F / A-18E / F Super Hornet atau F-16E / F Block 60 daripada F-22 atau F-35. “Beberapa orang mungkin mengklaim bahwa PAK-FA adalah generasi kelima, tapi lebih dari generasi 4,5 standar AS, “kata pejabat industri.

Bahkan, kurangnya PAK-FA pada sensor fusi dan link data yang komprehensif yang setara dengan rekan-rekan Amerika akan menjadi kelemahan bagi pesawat itu. Strategi AS sedang bergerak ke arah pendekatan di mana setiap pesawat dapat bertindak sebagai sensor untuk setiap pesawat, kapal atau kendaraan yang membawa senjata.

Pejabat militer senior setuju dengan penilaian Deptula, tetapi menambahkan bahwa PAK-FA memiliki kerentanan lain juga. Rusia umumnya tidak memiliki persyaratan untuk melawan sistem yang terintegrasi yang sangat canggih dari pertahanan udara  seperti jet AS akan. Apalagi sifat siluman T-50 diakui ada di bawah Raptor atau Ligthing II.

“Kegagalan untuk memprioritaskan siluman dan sensor fusi membuatnya rentan terhadap kedua pesawat generasi siluman Amerika, “kata pejabat itu. “Ketika Anda melihat konsep USAF [AS Angkatan Udara] akan berlaku dengan F-22 / F-35 tim, PAK-FA akan berjalan ke tantangan yang signifikan. ”

Namun mereka juga sepakat menilai PAK-FA sebelum pesawat itu benar-benar tampil di public adalah sangat sulit. “Sulit untuk mengatakan sampai PAK-FA masuk ke dalam produksi,” kata pejabat senior Angkatan Udara lain. “Saya ragu mereka akan menjadi setara dengan generasi kelima kami. Tapi kami¬† yakin dia akan lebih baik daripada generasi keempat kita. [F-15, F-16 atau F / A-18.] ”

Sumber: National Interest

Facebook Comments