For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Bagaimanapun Bazoka adalah Salah Satu Penentu Kemenangan Perang Dunia II

Dalam 10 senjata terburuk yang pernah ada, Bazoka masuk menjadi salah satunya. Tetapi di tengah keterbatasan, senjata ini juga telah membawa peran besar dalam Perang Dunia II, khususnya bagi Amerika Serikat.

Bazoka adalah jawaban Amerik Serikat terhadap kebutuhan senjata portabel dengan kerusakan besar di tengah berkecamuknya Perang Dunia II.

Cukup sederhana untuk digunakan oleh regu senapan, cukup kuat untuk menembak putaran ledak tinggi ke dalam bunker, bazoka memunculkan ledakan yang lebih besar dibandingkan dengan granat.

bazoka 2

Tidak salah jika Jenderal George Patton memuji senapan M-1 Garand sebagai pertempuran terbesar menerapkan pernah dibuat. Tapi Jenderal Dwight Eisenhower menempatkan bazoka bersama dengan bom atom, jip, dan pesawat transportasi C-47 sebagai salah satu dari empat “Tools of Victory” yang memungkinkan Sekutu untuk menang atas Nazi Jerman dan Kekaisaran Jepang.

“Bazooka adalah salah satu senjata yang telah menjadi ikon terlepas dari keterbatasan dan masalah yang dimiliki,” kata Alan Archambault, mantan kurator pengawasan untuk Pusat Sejarah Angkatan Darat AS. “Bahkan saat ini, kebanyakan orang masih kenal dengan nama senjata itu.”

Loading...

Rocket di medan perang bukanlah hal yang baru. Sejarah penuh dengan contoh tentang bagaimana militer memanfaatkan kekuatan ledakan roket dengan berbagai hasil.

Abad ke-13 China bahkan telah menembakkan roket ke musuh-musuh mereka. The Star-Spangled Banner menyebutkan roket merah menyilaukan meledak di udara. Selain itu – roket Congreve ditembakkan Fort McHenry selama Perang tahun 1812 dalam upaya untuk membakar benteng.

Pelopor ruang angkasa Amerika Dr. Robert Goddard, penemu roket berbahan bakar cair, bahkan mengembangkan prototipe peluncur roket recoilless yang ia tunjukkan kepada Angkatan Darat AS pada bulan November 1918. Sayangnya untuk Goddard,  perang darat berhenti hanya beberapa hari kemudian dan militer AS akhirnya kehilangan minat pada senjata bertenaga roket untuk sementara waktu.

Next: Asal Usul Nama Bazoka

Loading...
Facebook Comments