For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

2 Su-24 Fencer Rusia Menyusup ke Udara Swedia

Pada 17 September, dua Rusia Su-24 Fencer pesawat tempur sengaja melanggar wilayah udara Swedia koran Expressen dilaporkan. Menurut outlet media Swedia dua pesawat serangan itu berada di wilayah udara Polandia sebelum menuju ke utara, di ketinggian rendah, menuju pulau Öland, di Laut Baltik. Pada sekitar 12:00 LT, pesawat Rusia memasuki wilayah udara di atas wilayah perairan Swedia selatan Öland.

Para pejabat pertahanan Swedia membenarkan hal itu dan setelah beberapa Jas-39 Gripen dari pangkalan udara Ronneby, Swedia Selatan dikirim untuk mencegat pesawat Rusia tetapi mereka tidak bisa menyusul Su-24 , setelah terbang beberapa kilometer di sisi yang salah dari perbatasan, berbalik lagi timur, kemungkinan besar menuju Kaliningrad.

Meskipun Angkatan Bersenjata Swedia telah secara resmi berkomentar insiden itu, sumber-sumber yang berbicara kepada Expressen mengatakan pihak berwenang percaya pelanggaran itu ditujukan menyelidiki kesiapan pertahanan udara Swedia.

Tahun lalu pembom Tu-22 Rusia juga menyusup ke Swedia. Baru-baru ini sebuah pesawat hampir bertabrakan dengan pesawat mata-mata Rusia di udara Swedia.

Su-24 Fencer adalah pesawat tempur supersonic segala cuaca yang dikembangkan di era Uni Soviet dan melayani, antara lain, Angkatan Udara Suriah, Iran dan Libya. Pesawat bermesin ganda dengan dua kursi bersayap geometri variabel, dirancang untuk melakukan misi yang serangan rendah.

 

Sumber: The Aviationist

 

Facebook Comments

Comments are closed.