For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Italia Bergabung ke Program Jet Tempur Tempest

Italia akan bergabung dengan program Tempest yang dipimpin Inggris untuk membangun jet tempur masa depan.

Sebagaimana dilaporkan The Telegraph Selasa 10 September 2019, konfirmasi adanya negara baru yang akan bergabung dalam proyek tersebut kemungkinan akan secara resmi diumumkan pada pameran militer DSEI di Docklands London minggu ini.

Tempest adalah kolaborasi antara Pemerintah Inggris dan mitra industri BAE Systems, Rolls-Royce, MBDA dan Leonardo. Swedia menjadi negara yang telah memastikan untuk bergabung dalam program tersebut.

Program Tempest bertujuan untuk membangun pesawat tempur generasi keenam yang menampilkan teknologi stealth, senjata laser, dan segerombolan drone wingmen yang akan beroperasi pada tahun 2035.

Program ini diperkirakan akan menjamin pekerjaan untuk industri pesawat tempur Inggris senilai 6 miliar Poundsterling setahun menyerap hingga 18.000 tenaga kerja.

Loading...

Italia datang bergabung  dengan Swedia, yang setuju untuk bekerja bersama Tempest pada pertempuran di masa depan di musim panas lalu

Perusahaan kedirgantaraan Italia Leonardo sebelumnya sudah terlibat dalam program ini, tetapi pemerintah Roma yang bergabung secara resmi akan menjadi dorongan yang lebih kuat.

Belum diketahui bagaimana perjanjian  antara pemerintah Inggris dan Italia untuk program tersebut, tetapi kemungkinan akan mirip dengan cara di mana Swedia bergabung, dengan pemerintah Stockholm bekerja sama dengan Inggris menilai teknologi masa depan  dengan potensi akan diperluas di masa depan.

“Kedatangan Italia adalah tanda yang sangat positif,” kata analis pertahanan independen Howard Wheeldon. “Ini bukan hanya karena berpotensi berarti lebih banyak uang untuk R&D dan pasar yang lebih besar untuk pesawat. Itu adalah tanda kepercayaan pada Tempest,” katanya. Kini, menurutnya, proyek ini ‘sedang terjadi’, bukan lagi ‘akan terjadi’.

Tempest diluncurkan di pameran udara Farnborough tahun lalu, dengan komitmen pendanaan 2 miliar poundsterling dari industri dan pemerintah untuk memulai penelitian.

Namun, ini hanya sebagian kecil dari biaya pengembangan dan sebenarnya membangun pesawat perang baru. Sejak awal pemerintah Inggris mengatakan tidak akan dapat melakukannya sendiri dan akan mencari mitra untuk membantu pendanaan dan meningkatkan jumlah pesawat yang akan dibangun.

Loading...
Facebook Comments