For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Militer Turki: Masih Terlalu Dini Bicara Soal Su-35

Su-35

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kemungkinan akan mempelajari kemungkinan pembelian jet tempur Su-35 namun masih terlalu dini untuk memulai pembicaraan  dengan Rusia.

“Masih terlalu dini untuk membicarakan pembelian Turki atas pesawat tempur Su-35 Rusia. Presiden kita akan menilai topik penting ini. Dia juga akan membuat pernyataan,” kata sumber militer Turki sebagaimana dikutip Sputnik Kamis 18 Juli 2019.

Sebelumnya pada hari yang sama, CEO perusahaan negara Rusia Rostec Sergey Chemezov mengatakan bahwa Moskow siap untuk mengirimkan jet tempur Su-35 ke Turki jika negara tersebut menyatakan keinginan membelinya.

Pada hari Rabu, Amerika Serikat mengatakan bahwa pembelian sistem pertahanan udara S-400 Rusia oleh Turki membuat Ankara tidak mungkin mempertahankan program jet tempur F-35.

Washington kemudian mengatakan pihaknya berupaya untuk melepaskan hubungannya dengan Turki dalam program F-35. Kementerian Luar Negeri Turki menyebut langkah itu langkah sepihak yang mungkin membawa kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada hubungan bilateral.

Facebook Comments