For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Lahir dari Medan Perang, Tank Merkava Jadi Salah Satu Tank Terbaik di Dunia

Tank Merkava Israel/Israel Defense

Dalam laporan sebelumnya disebutkan kelompok militan Al-Quds Palestina merilis video yang memperlihatkan serangan udara terhadap dua unit tank Merkava Israel. Suka atau tidak suka, harus diakui Merkava adalah salah satu tank modern terbaik yang ada sekarang ini. Tank ini lahir dari pertempuran dan juga telah banyak malang melintang di medan perang.

Main Battle Tank Israel Merkava (Chariot)  harus diakui merupakan adalah contoh dari sistem senjata canggih yang dirancang untuk menangani kebutuhan negara yang sangat spesifik.

Meskipun mirip dalam kinerja dengan tank tempur utama Barat seperti Leopard 2 Jerman dan M1 Abrams Amerika, Merkava memiliki banyak fitur yang tidak ditemukan dalam desain tank kontemporer lainnya.

Merkava pertama kali diusulkan oleh  Jenderal Israel Tal  menyusul bentrokan  lapis baja dalam Perang Yom Kippur. Tal ingin tank  yang memprioritaskan perlindungan awak di atas segalanya.

Merkava I memasuki layanan pada tahun 1978, dan melihat aksi besar pertama dalam Operasi Galilea pada tahun 1982, di mana ia tampil baik dalam pertempuran dengan tank T-62 Suriah.

Meskipun demikian, beberapa hilang dalam pertempuran, dan tank Merkava II berikutnya dengan feature upgrade armor.  Pada 1990-an muncul Merkava III dengan upgrade penting dengan sebuah meriam utama 120 milimeter, dan akhirnya Merkava IV terbaru  memiliki mesin yang lebih kuat dan baru-baru ini dilengkapi dengan sistem perlindungan aktif canggih untuk digunakan melawan rudal dan roket anti-tank.

Merkava Mark IV  yang dikembangkan oleh Merkava Tank Office Israel telah digunakan oleh Pasukan Pertahanan Israel sejak tahun 2004 dan diakui sebagai tank dengan perlindungan terbaik di dunia.

Tank memiliki armor khusus, dilengkapi dengan sistem peringatan laser Elbit dan IMI in-built smoke-screen grenades.

Tank memiliki kecepatan maksimum 64km / jam serta dipersenjatai dengan meriam smoothbore MG253 120mm yang mampu menembakkan amunisi anti-tank daya ledak tinggi dan juga dapat menembakkan peluru sabot dan rudal anti tank LAHAT. Juga memiliki grenade launcher 60mm dengan fire power.

Merkava mungkin kurang  mewah karena tidak menggunakan amunisi  uranium seperti Tank Abrams.. Tetapi  Israel tidak menghadapi oposisi yang signifikan dari tank musuh sejak awal 1980-an, dan tidak perlu khawatir tentang ancaman lapis baja canggih di lingkungannya.

Merkava bisa menembakkan rudal anti-tank dari tabung meriam utama. Rudal LAHAT yang menyerang dari atas milik Merkava  akan cocok untuk menyerang kendaraan atau helikopter (dalam mode tembakan langsung) pada rentang yang sangat jauh di mana amunisi tank  kurang akurat  dan kekuatan memukul kurang besar.

Merkava  juga memiliki senapan mesin yang dikendalikan dari jarak jauh, membantu melindungi kru dari tembakan lawan  saat bertarung di lingkungan perkotaan.

Merkava memiliki keunikan  di antara tank modern karena dipersenjatai dengan mortir ringan 60 milimeter yang dapat ditembakkan dari dalam menara.

Hal ini memungkinkan Merkava untuk menembakkan amuisi anti-personel pada target yang tidak terlihat seperti missal di balik dinding atau di sisi bukit.

Hal ini juga memberi awak sarana tambahan untuk terlibat dengan musuh tanpa menggunakan ledakan besar senjata utamanya, suatu pertimbangan penting dalam peperangan melawan pemberontakan.

NEXT: BEDA KONSEP DENGAN ABRAMS

Facebook Comments