For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Pentagon Bangun Kapal Pemecah Es Generasi Baru Seharga Rp11 Triliun

Kapal pemecah es Polar Star Amerika

Departemen Pertahanan Amerika mengumumkan bahwa VT Halter Marine terpilih untuk membangun kapal pemecah es generasi baru dengan kontrak senilai hingga US$ 745,9 juta atau sekitar Rp11 triliun.

Sebuah pernyataan Pentagon yang dikeluarkan Selasa 23 April 2019 menyebutkan bahwa kesepakatan itu mencakup desain dan konstruksi detail Polar Security Cutter (PSC) U.S. Coast Guard (USCG)

Misi PSC adalah untuk memastikan akses berkelanjutan ke wilayah kutub dan mendukung kebutuhan ekonomi, komersial, maritim, dan keamanan nasional negara tersebut.

Kontrak ini juga mencakup opsi-opsi yang, jika dilakukan, akan membawa nilai kumulatif kontrak ini menjadi US$ 1,9 miliar.

Pemecah es  yang berat akan mampu bertahan di permukaan menggunakan senjata yang bisa dilepas dan akan mampu dipasang dengan sensor dan senjata tambahan. Kapal-kapal akan dilengkapi dengan radar pencarian permukaan dan udara, akan mampu berkomunikasi dengan Departemen Pertahanan, Penjaga Pantai dan kapal serta pesawat terbang National Science Foundation lainnya.

Armada kapal pemecah es yang baru akan memungkinkan USCG untuk melakukan misi di Kutub Utara seperti operasi pertahanan dan kesiapan,  kegiatan keamanan nasional dan keselamatan maritim; PWCS (ports, waterways, and coastal security), penelitian,  pencarian dan penyelamatan dan dukungan logistik serta pengawalan kapal.

Pekerjaan diharapkan selesai pada Juni 2024. Jika semua opsi dilakukan, pekerjaan akan berlanjut hingga November 2027.

Facebook Comments