For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Tempuh Jarak 18.000 Km, Kapal Perang Rusia Ikut Bermain di Laut China Selatan

Admiral Gorshkov /Russian Defense Ministry

Tidak hanya Amerika yang bermain-main di Laut China Selatan, Rusia pun ikut memanaskan wilayah ini dengan mengirim kapal perang mereka.

Juru Bicara Armada Pasifik Rusia Nikolai Voskresensky mengatakan fregat Admiral Gorshkov melakukan pelatihan dengan kapal pelatihan bersama dengan Angkatan Laut Filipina.

“Kapal fregat Rusia Admiral Flota Sovetskogo Soyuza Gorshkov yang memimpin skuadron kapal perang dan kapal pendukung untuk Armada Utara dalam perjalanan panjang, menyelesaikan perjalanan ke Selat Malaka dan Singapura dan memasuki Laut China Selatan,” kata Serga kepada wartawan Minggu 14 April 2019 dan dilaporkan Sputnik.

Menurut Serga, kapal Rusia tersebut menuju pelabuhan Qingdao China di Semenanjung Shandong di mana peringatan Angkatan Laut China ke-70 yang akan dirayakan pada 23 April 2019.

Kapal itu dikawal oleh kapal penyelamat Nikolay Chiker, kapal pasokan dan dukungan teknis Elbrus dan kapal tanker Kama.

Gugus tugas ni berangkat dalam perjalanan panjang pada 26 Februari 2019 lalu dan menjadi pengalaman pertama bagi fregat Rusia.  Kapal sempat berlabuh di Djibouti dan Kolombo, Sri Lanka.

Sejak awal perjalanan, fregat telah menempuh jarak lebih dari 11.000 mil atau hampir 18.000 km dan melakukan beberapa sejumlah pelatihan baik dalam pertahanan  maupun serangan.

Facebook Comments