10 Kecelakaan Kapal Selam Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah

Kursk

8 Maret 1968

Kapal selam K-129 Soviet yang dipersenjatai dengan rudal nuklir tenggelam saat berpatroli di Pasifik, menewaskan  98 kru-nya. Bangkainya akhirnya ditemukan oleh USS Halibut di barat laut Oahu pada kedalaman sekitar 16.000 kaki.

Ada kecurigaan bahwa kapal Rusia ini bertabrakan dengan kapal selam Amerika, namun Angkatan Laut Amerika  . mengatakan bahwa kapal tersebut mengalami ledakan internal yang dahsyat.

25 April 2003

Kapal selam bertenaga diesel Ming 361 China ditemukan di Laut Kuning setelah kerusakan pada mesin diesel selama latihan mengakibatkan suplai oksigen mati dan mencekik 70 orang di kapal. Laporan surat kabar negara China tentang kejadian tersebut menandai pertama kalinya China mengungkapkan sebuah kecelakaan kapal selam yang fatal.

11 April 1970

Kapal selam nuklir kelas November Soviet terbakar dan tenggelam di Teluk Biscay, utara Spanyol, menewaskan 52 pelaut. Beberapa awak melarikan diri, meski Uni Soviet tidak pernah merilis jumlah pastinya.

7 April 1989

Kapal selam nuklir K-278 Komsomolets Soviet tenggelam di Laut Norwegia setelah kebakaran menyebabkan hilangnya kekuatan. Beberapa awak kapal melarikan diri saat kapal tersebut tenggelam dan dijemput oleh kapal nelayan, namun 42 dari 69 pelaut tewas.

17 Desember 1927

Kapal Selam S-4 Amerika Serikat  tenggelam setelah ditabrak oleh kapal Penjaga Pantai Paulding di Provincetown, Massachusetts. 40 awak meninggal, termasuk enam yang bertahan di ruang torpedo lebih dari satu hari namun kehabisan oksigen karena badai menghambat usaha penyelamatan.

 

Facebook Comments

error: Content is protected !!