For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

10 Senapan Mesin Ringan Terbaik di Dunia

5. Heckler & Koch UMP (Jerman)

Lagi-lagi senjata buatan Heckler & Koch UMP menempati daftar 10 besar ini. UMP dirancang sebagai penerus MP5 yang terkenal pada pertengahan 1990-an dengan . Tujuan utamanya adalah untuk merancang SMG yang ringan dan kuat, yang akan lebih murah daripada MP5.

Senjata ini ditujukan terutama di pasar penegakan hukum Amerika. Produksinya dimulai pada tahun 1999 dan masih diproduksi hingga sekarang. Namun senjata ini tidak bisa melampaui pendahulunya dalam hal popularitas dan proliferasi. UMP juga sedang beroperasi dengan lebih dari 20 negara.

UMP adalah senjata api selektif yang dioperasikan dengan blowback, ditembakkan dari bolt yang tertutup. Versi pertama, UMP-45 dan UMP-40 masing-masing diberi bilik masing-masing untuk 0,45 ACP dan 0,40 SW amunisi. Kemudian versi 9×19 mm  tersedia (UMP-9). Semua versi memiliki desain yang mirip.

UMP dapat diaktifkan secara semi-otomatis, full-otomatis, 2 atau 3 putaran sekali tarik picu. Pemilih mode tembakan juga berfungsi sebagai kunci pengaman. Pemilih mode api ini sepenuhnya ambidextrous. Handling cocking terletak di bagian depan penerima.

HK UMP tersedia dengan magazine berkapasitas 25 dan 30 putaran. UMP-45 biasanya diumpankan dari matgazine bulat 25. Versi lain diberi makan dari magazine bulat 30. Perlu disebutkan bahwa versi .45 ACP dan .40 SW menggunakan magazine lurus, sedangkan versi 9 mm dilengkapi dengan magazine melengkung.

SMG ini dilengkapi dengan sight besi yang dapat disesuaikan dan juga memiliki rel ruang lingkup di atas receiver, yang digunakan untuk memasang berbagai view panorama. Senapan mesin ringan ini memiliki jangkauan efektif sekitar 100 meter.

UMP dilengkapi dengan buttstock yang melipat  ke sisi kanan. Senjata bisa ditembakkan ketika buttstock berada dalam posisi terlipat. Rel aksesorinya pada foregrip menerima berbagai macam peralatan, seperti senter taktis, pegangan vertikal, laser pointer dan sebagainya. Peredam dapat dilekatkan pada laras.

6. Beretta PM12 (Italia)

Senjata ringan Beretta PM12 dikembangkan pada 1950-an dan pertama kali terungkap pada tahun 1959. Huruf PM merupakan kepanjangan dari “Pistola Mitragliatice”, atau pistol mesin. Pada tahun 1961 senjata ini diadopsi oleh Angkatan Darat, pasukan khusus dan pasukan penegak hukum Italia.

Dengan standar modern senjata ini sudah ketinggalan jaman tetapi masih digunakan di Italia dan beberapa negara lain. Sangat mungkin bahwa itu akan tetap beroperasi selama bertahun-tahun yang akan datang. Senapan mesin ringan ini diproduksi di Belgia, Brasil, dan Indonesia.

PM12 adalah senjata kompak  yang bisa digunakan oleh prajurit, serta awak kendaraan.  Beretta PM12 memiliki konstruksi baja cor dan receiver tubular. Kedua ujung receiver diblokir dengan closed bolt. Senjata ini memiliki bagian yang bergerak minimal. Namun meskipun penampilannya yang sederhana senapan mesin ringan ini benar-benar mahal untuk diproduksi.

PM12 adalah senjata dioperasikan blowback, yang menembak dari sebuah open bolt dan menggunakan amunisi Parabellum  9×19 mm. Beretta PM12 terbukti menjadi senjata yang kuat, nyaman digunakan dan akurat. Senjata itu sangat stabil ketika dipecat. Meskipun menurut standar modern senapan mesin ringan ini terlalu berat.

PM12 asli memiliki tombol pengaman, yang terletak di atas pegangan. Mode tembakan diubah antara “semi-otomatis” dan ” –otomatis penuh ” dengan menekan tombol lain yang terletak di atas pegangan. Pengaturan semacam itu sangat tidak biasa. Ada juga pengaman pegangan otomatis, yang dilepaskan hanya ketika penembak memegang senjata. Secara keseluruhan senapan mesin ringan ini sangat aman digunakan.  Senjata ini menggunakan magazine berkapasitas 20, 32, atau 40 putaran.

PM12 asli memiliki stock logam lipat samping. Setelah dilipat, stok logam hanya sedikit menonjol dari senjatanya. Versi awal senjata ini juga tersedia dengan stock kayu yang dapat dilepas dengan cepat.

Senapan mesin ringan ini memiliki pegangan depan integral yang meningkatkan stabilitas senjata selama menembak.

Senapan mesin ringan ini memiliki sight besi sederhana. Kedua sight depan dan belakang memiliki dinding samping pelindung, yang melindungi dari kerusakan. Tampilan flip-up belakang memiliki pengaturan untuk 100 dan 200 meter.  PM12 terbukti menjadi senjata yang sangat akurat pada jarak dekat. Pada jarak lebih dari 100 meter, senapan ini dapat lebih akurat dengan mode semi otomatis.

7. MAC-10 (Amerika Serikat)

Senapan ringan MAC-10 dirancang oleh Gordon B. Ingram, seorang perancang senjata Amerika. Dia mulai mengerjakan senjata kompak ini pada pertengahan 1960-an. Senapan ringan ini terutama ditujukan untuk operasi khusus dan pasukan penegak hukum, serta tim keamanan VIP.

Pada 1965 beberapa prototipe dibuat dan dievaluasi oleh Angkatan Darat Amerika, namun tidak diadopsi. Produksi dimulai pada tahun 1970 oleh Military Armament Corporation (MAC). Pada tahun 1976 MAC bangkrut dan hak produksi untuk senjata ini dipindahkan ke RPB Industries Inc. Kemudian senapan mesin ringan ini juga diproduksi oleh beberapa perusahaan lain.

Senapan mesin ringan Ingram diekspor ke Chili, Yugoslavia dan beberapa negara Asia dan Amerika Selatan lainnya. Salinan senjata ini diproduksi di Jepang, Afrika Selatan dan Taiwan. Hari ini MAC-10 tidak lagi menjadi senapan mesin ringan utama. Namun itu masih digunakan oleh sekitar 15 negara.

Senapan mesin ringan ini telah dirancang untuk pertempuran jarak dekat dan membawanya dengan  tersembunyi. Ini adalah senjata yang dioperasikan dengan blowback, yang menembak dari open bolt dengan memiliki beberapa fitur dari Uzi Israel. Ada dua model dasar MAC-10 (atau M10), bilik untuk 11.43 (.45 ACP) dan 9×19 mm Parabellum.

Senjata ini sederhana dalam desain dan teknologi. Receivernya terbuat dari baja lembaran dan hanya terdiri dari dua bagian yang disatukan oleh pin baja. Umumnya MAC-10 adalah senjata yang dapat diandalkan.

Senjata dapat diisi ulang dengan kedua tangan. Pegangan miring juga berfungsi sebagai pengaman, karena mengunci baut di posisi depan, ketika diputar 90 derajat ke samping. Ketika keamanan ini berfungsi, Anda tidak dapat melihat pemandangan depan, karena garis pandangnya terhalang. Tombol pengaman lain terletak di dalam triggerguard. Pemilih mode api terpisah terletak di atas triggerguard di sisi kiri penerima. Ini memiliki pengaturan untuk tembakan tunggal dan full-auto.

MAC-10 menggunakan magazine kotak  yang dimasukkan ke dalam pegangan senapan. Model .45 ACP dilengkapi dengan magazine 30 peluru, sementara model bilik untuk 9×19 mm menggunakan magazine 32 peluru. Senjata ini dapat ditembakkan dengan satu tangan  seperti menembakkan pistol.

MAC-10 memiliki sight diopter-jenis sederhana yang tidak dapat disesuaikan. Jarak pandang diatur pada 100 m. Padahal jangkauan tembak efektif terbatas sekitar 50-70 meter. Jadi senjata ini tidak memiliki jangkauan yang jauh juga akurasinya tidak baik karena tidak nyaman untuk memegang MAC-10 dengan kedua tangan. Namun pada jarak dekat sangat bagus untuk menghamburkan peluru.

Senapan mesin ringan ini dilengkapi dengan stok kawat baja teleskopik. Beberapa versinya dilengkapi dengan buttstocks kayu yang bisa dilepas. Senapan mesin ringan ini kompatibel dengan peredam suara. Karena laras pendek peluru MAC-10 meninggalkan senjata tanpa menghasilkan kecepatan moncong yang cukup untuk menyebabkan ledakan sonik.

NEXT
Facebook Comments