For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Rudal Udara ke Udara Paling Mematikan di Dunia

5l-amraam

AIM – 120 AMRAAM

AIM-120 Advanced Medium-Range Air-to-Air Missile (AMRAAM) yang dikembangkan oleh Raytheon telah membuktikan kemampuan tempurnya selama misi di Irak , Bosnia dan Kosovo . Kemampuan multi -shot , dan mampu menghindari dari flare pengalih perhatian, berbahan bakar padat motor roket membuat AIM – 120 salah satu AAMs terbaik dunia.

AMRAAM digunakan oleh 36 negara di seluruh dunia dan dapat digunakan pada F – 22 , Eurofighter Typhoon , F – 15 , F – 16 , F/A-18 , F – 35 JSF , Sea Harrier , Tornado , Harrier II Plus, JAS – 39 Gripen , dan Norwegian Advanced Surface-to-Air Missile System (NASAMS) ( NASAMS).

Rudal ini dipandu oleh radar pencari aktif internal yang dilengkapi dengan unit referensi inersial dan mikro . Rudal membawa hulu ledak fragmentasi ledak tinggi dengan kedekatan dan kontak sekering .

6l-aim-9x

AIM – 9X Sidewinder

Rudal yang dikembangkan oleh Raytheon dan merupakan anggota terbaru dalam keluarga Sidewinder rudal udara-ke – udara jarak pendek . Disebut-sebut sebagai salah satu rudal jarak pendek AAMs paling maju di dunia , dapat dengan mudah diintegrasikan pada berbagai pesawat tempur modern.

Rudal ini resmi digunakan Angkatan Laut, Angkatan Udara dari delapan negara. Biasa dicantolkan pada F – 15 , F – 16 , F/A-18 , Sea Harrier dan F – 4 pesawat tempur , A – 4 , AV – 8B dan pesawat serangan Tornado , dan AH – 1 helikopter .

AIM – 9X Block -I varian dilengkapi dengan focal plane array IR seeker untuk akurasi tembakan dan daya ledak tinggi. AIM – 9X Blok II varian dengan panduan elektronik terbaru saat ini sedang dalam pengembangan.

ASRAAM

AIM – 132 ASRAAM

AIM- 132 ASRAAM (Advanced Short Range Air – to- Air Missile ) dirancang oleh MBDA untuk dalam jangkauan visual ( WVR ) misi tempur untuk angkatan udara Inggris. Rudal ini juga digunakan oleh angkatan udara Australia untuk melengkapi F-18 Hornet.

Resmi mulai digunakna Inggris pada September 2002 dan Australia pada tahun 2004. Pesawat yang bisa menggunakan rudal ini adalah Eurofighter Typhoon , Tornado , F/A-18 , dan F – 35 Joint Strike Fighter. ASRAAM dipandu dengan radar dan laser yang canggih untuk menuju korbannya dengan tepat. Rudal ini juga mampu menghindar dari tipuan flare.

Mock-up rudal R-37 (K-37 / RVV-BD) ditampilkan pada pertunjukan udara MAKS-2013 di Rusia. / Wikimedia

R-37M  

R-37M  yang dibangun Rusia adalah rudal yang kuat dan efektif dan  jauh lebih bermanuver dibanding pendahulunya, R-33. Rudal ini dapat melibatkan target dari ketinggian antara 15 dan 25.000 meter, memberikan fleksibilitas yang besar.

R-37M diyakini untuk melacak targetnya dengan  radar homing semi aktif dan aktif 9B-1388. Cara kerja R-37M diawali dengan platform peluncuran mendeteksi targetnya dan meluncurkan R-37 ke posisi perkiraan target. Begitu R-37M berada dalam kisaran target yang sesuai, ia mengaktifkan radar homing untuk mengunci target.  R-37M juga dapat menggunakan mode fire and forget

Hulu ledak fragmentasi eksplosif tinggi sangat besar yakni 60 kilogram  dan mampu merusak dengan parah pesawat AWACS.  Rudal ini memiliki kecepatan 6 Mach atau sekitar 7 350 km / jam, yang cukup mudah mengejar setiap jenis pesawat terbang. Jangkauan rudal ini dikabarkan hingga 200 km.

Tampaknya R-37M akan digunakan pada dua jenis pesawat terbang. Yang pertama adalah MiG-31BM,  dan yang kedua adalah jet tempur multiperan Su-35S yang dikenal hebat.

R-37 juga terkait dengan R-33,  rudal udara ke udara jarak jauh yang besar yang digunakan pada MiG-31 dan memiliki jangkauan lebih dari 120 km serta menggunakan radar homing semi aktif.8l-a-darter

A- Darter

A- Darter adalah generasi kelima sistem rudal udara – ke-udara yang dikembangkan oleh Denel Dynamics , Mectron , Avibras , dan Opto Eletronica . Rudal ini dimaksudkan untuk melengkapi pesawat tempur generasi mendatang dan dijadwalkan masuk resmi ke militer Afrika Selatan dan Brasil pada 2014.

Rudal itu dapat diintegrasikan pada JAS – 39 Gripen , Elang Mk120 , F – 5E / F Tiger II , F – 5A / B dan jet tempur masa depan.

R-77 (RVV-AE

R – 77 ( RVV – AE )

Rudal udara ke udara jarak menengah yang dikembangkan oleh State Machine – Building Design Bureau ” Vympel “. R-77 (RVV-AE) dapat digunakan pada pesawat tempur MiG / Sukhoi dan pesawat buatan luar negeri lainnya serta sistem senjata anti-udara darat.

Mampu membawa hulu ledak seberat 22,5 kg untuk jarak maksimum 80km. Sebuah sistem navigasi inersia / radio-dikoreksi memandu rudal selama fase penerbangan awal, sementara multi-fungsi doppler-radar monopulse aktif pencari digunakan dalam fase terminal

Facebook Comments