For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kian Fokus ke Pasifik, USS Ronald Reagan dan John C. Stennis Manuver di Laut Filipina

USS John C. Stennis (CVN 74) dan USS Ronald Reagan (CVN 76) melakukan operasi bersama di Laut Filipina pada bulan Juni 2016. (US Navy)

Kelompok tempur kapal induk USS Ronald Reagan dan USS John C. Stennis sedang melakukan operasi bersama di Laut Filipina.

Selain melakukan patroli, dua kelompok tempur ini akan melakukan operasi peperangan udara, perang antikapal dan anti-kapal selam yang kompleks di perairan dan ruang udara internasional.

“Membawa dua kelompok tempur kapal induk bersama-sama memberikan kekuatan tempur angkatan laut yang tak tertandingi, fleksibilitas operasional yang luar biasa dan menjangkau seluruh wilayah,” kata Vice Admiral Phil Sawyer, Komandan, Armada 7 Amerika sebagaimana dilansir laman resmi Komando Pasifik Angkatan Laut Amerika 14 November 2018.

“Ini menunjukkan kekuatan kami yang terbaik, beroperasi dengan percaya diri di laut, dan menunjukkan bahwa Angkatan Laut Amerika akan terbang, berlayar dan beroperasi di mana pun hukum internasional mengizinkan.”

Selama beberapa tahun, kapal induk Angkatan Laut Amerika telah beberapa kali mengirimkan dua kapal induk secara bersamaan ke wilayah Pasifik Barat, termasuk perairan di sekitar Semenanjung Korea, Laut Jepang, Laut Cina Selatan, Laut Cina Timur, dan Laut Filipina.

Operasi ini biasanya terjadi ketika kelompok tempur dikerahkan ke Armada ke-7 dari Pantai Barat Amerika Serikat bergabung dengan kelompok tempur kapal induk yang ditempatkan secara permanen di Jepang.

Sebelum tiba di Laut Filipina, Stennis melaksanakan operasi bersama dengan USS Carl Vinson di lepas pantai Hawaii, termasuk operasi-operasi tempur dan anti-kapal selam.

Tahun lalu, kapal induk USS Nimitz (CVN 68), USS Ronald Reagan (CVN 76) dan USS Theodore Roosevelt (CVN 71) melakukan latihan bersama di Pasifik Barat.

Sementara pada 2016, USS Ronald Reagan dan USS John C. Stennis (CVN 74) melakukan operasi bersama di Laut Filipina.

Pada September 2014, USS George Washington (CVN 73) dan USS Carl Vinson (CVN 70) juga melakukan operasi gabungan di Pasifik Barat, dan pada September 2012, mereka beroperasi di Laut China Selatan dan Laut Cina Timur.

Pada tahun 2009, USS George Washington dan USS Nimitz beroperasi bersama di Pasifik Barat dan di Valiant Shield 2007 dan 2006 tiga kelompok tempur kapal induk beroperasi di Laut Filipina. Pada tahun 2001, kapal induk USS Constellation (CV 64) dan USS Carl Vinson jgua dioperasikan bersama di Laut Cina Selatan.

Pengoperasian dua kapal induk ini secara total akan terdiri dari kekuatan 10 kapal, sekitar 150 pesawat dan 12.600 personel.

 

Facebook Comments