For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kian Mandiri, Turki Mulai Produksi Tank Altay

Tank Altay

Kementerian Industri Pertahanan Turki (SSB) dan produsen kendaraan lapis baja BMC menandatangani kontrak untuk produksi tank tempur modern Altay.

Menurut media lokal, kontrak tersebut mencakup produksi massal dan dukungan logistik 250 unit tank. Berdasarkan kesepakatan dengan BMC, perusahaan pada awalnya akan memproduksi 40 tank Altay, dengan yang pertama akan dikirim ke militer dalam 18 bulan. Nilai finansial dari perjanjian itu tidak diungkapkan.

Batch dari 40 tank baru akan dikirimkan dalam konfigurasi Altay-T1 dengan sistem proteksi aktif (APS) yang disebut AKKOR. APS baru dirancang untuk mendeteksi roket dan rudal tank dan menabrak mereka di udara. Sistem ini dirancang oleh Aselsan.

Selaon BMC, beberapa perusahaan yang terlibat dalam proyek ini termasuk perusahaan Turki Roketsan, Aselsan (ASELS.IS), MKE dan Havelsan.

BMC juga menandatangani perjanjian dengan SSB pada bulan Juni untuk mengembangkan mesin diesel 1.500 tenaga kuda dan sistem lain untuk tank Altay.

Menurut dailysabah.com, Altay, merupakan program pengembangan tank tempur utama pertama di Turki, termasuk komando dan sistem kontrol elektronik, senapan dan baju besi 120 mm, semuanya dibuat oleh perusahaan Turki. Prototipe untuk Altay diresmikan pada pameran pertahanan 2011 di Istanbul.

Nama tank diambil dari Jenderal Angkatan Darat Fahrettin Altay, yang memimpin Korps Kavaleri Kelima selama Perang Kemerdekaan Turki.

Dimulai dengan 250 kendaraan, jumlah ini diharapkan akan ditingkatkan secara bertahap menjadi 1.000 unit.

Diklasifikasikan sebagai tangki “generasi ketiga yang canggih”, Altay akan dilengkapi dengan teknologi tinggi, yang mampu menyediakan semua jenis dukungan taktis untuk pasukan abad ke-21.

Altay memegang keunggulan atas tank generasi baru lainnya karena dikembangkan dari tahap desain konseptual dengan mempertimbangkan situasi pertempuran saat ini dan masa depan. Tank ini diharapkan menjadi elemen penting bagi militer Turki di masa depan berkat mobilitasnya yang luar biasa, daya tembak yang unggul, dan daya tahannya.

Altay akan memiliki senapan kaliber 120 mm kaliber  sebagai senjata utamanya. Sistem kontrol tembakan generasi berikutnya akan memungkinkan pengguna untuk menembak target yang bergerak dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Tank ini juga akan menampilkan turret 12,7 mm yang dikendalikan dari jarak jauh dan 7,62 mm firearm yang dipasang di menara untuk dukungan tembakan atau pertempuran kota.

Altay juga menggunakan baju besi komposit untuk menahan dampak pecahan peluru,  rudal atau mortir serta melindungi awaknya dari tembakan musuh.

Sementara itu, sistem pendukung kehidupan, tambahan paket perlindungan ranjau, kelompok daya tambahan, sistem peringatan laser dan sistem kesadaran situasional 360 derajat adalah salah satu elemen penting dari Altay.

SSB ile BMC arasında ALTAY Seri Üretim Projesi Sözleşmesi imzalandı. Proje, 250 adet ALTAY ana muharebe tankının seri üretimi ile birlikte ömür devri lojistik desteği ile TSTM kurulumu ve işletilmesini kapsıyor. İlk ALTAY tankı 18 ay sonra KKK'ya teslim edilecek. Hayırlı olsun.

Posted by Savunma Sanayii Başkanlığı on Friday, November 9, 2018

Facebook Comments