For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Bersenjatakan Kalibr, Kapal Perang Terbaru Rusia Bergerak ke Mediterania.

Admiral Makarov /Sputnik

Rusia mengerahkan kapal perang barunya, Admiral Makarov yang dipersenjatai dengan rudal jelajah Kalibr ke Laut Mediterania.

“Kapal fregat Armada Laut Hitam, Admiral Makarov, meninggalkan markas Angkatan Laut di Sevastopol dan menuju Laut Hitam. Kapal itu akan bergabung dengan kekuatan angkatan laut di Laut Tengah,” kata Kementerian Pertahanan Rusia Senin 5 November 2018 sebagaimana dilansir Sputnik.

Pernyataan itu tidak mengungkapkan tujuan spesifik kapal dan apakah itu akan berpartisipasi dalam operasi kontra-terorisme di Suriah.

Sebelumnya pada bulan Mei, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa kapal militer Rusia dengan rudal jelajah Kalibr akan siaga permanen di Mediterania untuk melawan apa yang disebutnya ancaman teroris di Suriah.

Admiral Makarov adalah kapal yang relatif baru, diluncurkan pada tahun 2015. Kapal itu dipersenjatai dengan beragam senjata, tetapi kekuatan utamanya terdiri dari delapan rudal jelajah Kalibr. Kapal juga dilengkapi dengan 36 rudal pertahanan udara dengan jangkauan sekitar 50 kilometer.

Rusia telah berulang kali menggunakan rudal Kalibr selama operasi di Suriah. Kalibr pertama kali digunakan pada 7 Oktober 2015, ketika tiga kapal perang meluncurkan 26 rudal dari Laut Kaspia menuju Suriah. Rudal-rudal itu terbang di atas wilayah Irak dan Iran dan mencapai sasaran berjarak lebih dari 1.500 kilometer.

Awal musim panas ini, Rusia mengerahkan beberapa kapal perang ke Laut Tengah, termasuk Admiral Grigorovich, Admiral Essen dan Pytlivy bersama dengan kapal pendaratan Nikolai Filchenkov dan korvet Vishny Volochek.

Facebook Comments