For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Jadi Pemenang atau Pecundang, Inilah Medan Pertempuran Jet-Jet Tempur Terbaik di Langit Eropa

Sejumlah produsen jet tempur seluruh dunia sedang mengerahkan segala kekuatannya untuk bertarung di Eropa. Sejumlah negara di benua biru ini memang sedang dalam program mencari jet tempur baru untuk mengganti armada mereka yang semakin tua.

Berikut ini adalah daftar kompetisi jet tempur Eropa dan perusahaan mana saja yang ikut bersaing untuk memenangkan kontrak yang nilainya mencapai ratusan triliun tersebut yang diambil dari Reuters.

F-16 Belgia

Belgia

Belgia dikabarkan telah memilih jet siluman Lockheed Martin (LMT.N) F-35 dan meninggalkan pesaingnya Eurofighter Typhoon untuk menggantikan armada F-16 mereka. Belgia akan membeli 34 jet tempur F-35 baru, dengan pengiriman pertama pada 2023 dengan total nilai sekitar US$ 3,42 miliar. Eurofighter Typhoon adalah proyek gabungan antara BAE Systems Inggris , Airbus dan Leonardo Italia.

MiG-29 Bulgaria

Bulgaria

Bulgaria ingin membeli delapan jet tempur baru atau bekas untuk menggantikan MiG-29 yang dirancang Soviet dalam tender senilai sekitar US$ 1,06 miliar. Bulgaria membutuhkan pesawat canggih  untuk membantu negara itu memenuhi kewajibannya sebagai anggota NATO di mana mereka bergabung pada 2004.

Amerika Serikat, Swedia, dan Italia telah mengajukan penawaran, dengan Amerika Serikat menawarkan dua opsi:  Lockheed F-16V  atau Boeing  F / A-18E / F Super Hornets baru.  Sedangkan Swedia menawarkan jet Saab Gripen baru, sementara Italia mengusulkan memasok Eurofighters bekas.

F-18 Hornet Finlandia

Finlandia

Finlandia sedang mencari tawaran terbaik untuk menggantikan 62 armada jet F / A-18 Hornet, yang akan dipensiun mulai 2025. Uang yang disediakan Finlandia mencapai sekitar US$ 11,47 miliar.

Sejumlah kandidat antara lain Saab Gripen, Dassault Rafale Prancis , Super Hornet Boeing, F-35 Lockheed Martin dan Eurofighter Typhoon. Tawaran jatuh tempo pada awal 2019, dan Finlandia berencana untuk membuat keputusan akhir pada 2021.

Tornado Jerman

Jerman

Jerman ingin membeli hingga 90 jet tempur multi-peran baru untuk menggantikan 85 jet tempur Tornado yang sudah tua.

Kemungkinan kandidat termasuk Lockheed F-35, Boeing F / A-18E / F Super Hornet, F-15E, serta Eurofighter Typhoon, dengan pengiriman dimulai pada tahun 2025 atau lebih cepat.

Menteri Pertahanan Ursula von der Leyen mengatakan dia menyukai Eurofighter, tetapi Lockheed dan Boeing masih berharap mendapat kesempatan untuk mengajukan tawaran untuk kontrak itu.

Jerman sedang mempelajari sejumlah opsi, termasuk membeli satu jenis jet untuk menggantikan jet Tornado, membeli dua jenis pesawat, atau perpanjangan masa pakai jet Tornado.

MiG-29 Polandia

Polandia

Polandia memiliki armada 48 jet tempur Lockheed F-16 tetapi diperkirakan akan segera bergerak untuk mengganti 30 MiG-29 mereka di tahun-tahun mendatang. Sejauh ini belum ada rincian yang dirilis.

Mig-29 Slovakia

Slovakia

Slovakia mengatakan pada Juli bahwa mereka telah setuju untuk menghabiskan US$ 1,9 miliar untuk membeli 14 jet tempur Lockheed F-16 guna menggantikan MiG-29  yang sudah tua. Pilihan ini sekaligus mengalahkan Saab Gripen Swedia.

F-5 Tiger Swiss

Swiss

Swiss telah memilih pendekatan baru untuk menggantikan armada pesawat tempur F-5 dan F / A-18  dan membeli pertahanan udara darat baru dalam kompetisi gabungan yang bernilai hingga 8 miliar franc Swiss. Negara ini mengundang lima pembuat senjata Eropa dan Amerika untuk mengajukan penawaran untuk 30 hingga 40 pesawat pada bulan Januari.

Facebook Comments