For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

M1 Abrams Arab Saudi Rontok di Yaman

Kredibilitas tank tempur utama M1A2 Abrams kembali tercoreng setelah pemberontak Yaman mengunggah video yang menunjukkan mereka berhasil menghancurkan sebuah M1A2S Abrams milik Arab Saudi.

Tank canggih itu menjadi korban pertempuran yang terjadi di provinsi Jizan di selatan Arab Saudi 13 Oktober 2018. Pemberontak Syiah Houthi mencoba menghentikan satu Abrams yang menembaki Houthi.

Selama pertempuran, tank dihantam rudal mendorong para awaknya untuk keluar dan melarikan diri. Pemberontak Houthi kemudian membakar tank Abrams. Namun, masih belum diketahui senjata apa yang mereka gunakan untuk menghancurkan kendaraan lapis baja tersebut.

M1 Abrams – tank tempur utama Amerika Serikat – telah diproduksi massal sejak tahun 1980 dan digunakan oleh tentara dari sejumlah negara, termasuk Arab Saudi.

Perang saudara Yaman telah berkecamuk sejak 2015 antara pemerintah yang dipimpin oleh Abd Rabbuh Mansur Hadi yang didukung koalisi pimpinan Arab, melawan Houthi. Pemerintah didukung oleh koalisi yang dipimpin Saudi, yang telah melakukan serangan udara menargetkan daerah yang dikuasai oleh militan Houthi sejak Maret 2015.

Facebook Comments