For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

10 Bangunan Megah Yang Kini Teronggok Tak Berguna

Di berbagai penjuru dunia, banyak bangunan  megah dan hampir pasti menghabiskan uang sangat banyak saat membangunnya kini telah ditinggalkan dan dibiarkan teronggok begitu saja.

Dari tempat-tempat digelarnya olimpiade di Brasil hingga taman hiburan yang dimaksudkan untuk menjadi yang terbesar di Asia, telah ditinggalkan karena kesengsaraan keuangan, salah urus, perang, atau bahkan bencana nuklir.

Berikut ini adalah beberapa struktur paling mahal yang pernah dibangun yang sekarang tak lagi digunakan dan banyak di antaranya telah menjadi reruntuhan.

Bandara Internasional Hellenikon

Bandara Internasional Hellenikon di Yunani dulunya adalah bandara utama Athena, melayani lebih dari 12 juta penumpang per tahun. Namun bandara ditutup pada tahun 2001 setelah digantikan oleh Bandara Internasional Athena. Sejak itu bandara megah ini ditinggalkan.

Loading...

Beberapa rencana untuk membangun kembali bandara telah tersendat. Namun kelompok pengembangan baru-baru ini berjanji untuk  mengubah situs tersebut menjadi wilayah metropolitan mulai tahun 2019, yang akan mencakup daerah permukiman, hotel, pusat perbelanjaan, taman hiburan, museum, fasilitas olahraga, dan banyak lagi.

Taman Hiburan Pripyat

Taman hiburan Pripyat di Ukraina rencananya akan dibuka pada tanggal 1 Mei 1986, tetapi pembukaan dibatalkan ketika bencana nuklir  Chernobyl  terjadi hanya beberapa mil jauhnya pada tanggal 26 April tahun tersebut.

Beberapa laporan mengatakan bahwa taman itu dibuka sebentar untuk menghibur warga kota pada tanggal 27 April ketika perintah evakuasi dikeluarkan. Masih ada berbagai tingkat radiasi yang ada di taman, dengan area di bawah roda Ferris memiliki tingkat tertinggi.

Stadion Aquatic

Stadion Aquatic  dibangun untuk Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil dan sekarang kondisinya rusak parah. Kolam renang yang dulu digunakan para perenang internasional kini disi dengan genangan air kotor.

Kota Rio menghabiskan sekitar US$ 13 miliar untuk Olimpiade, dan beberapa tempat yang dibangun mulai runtuh.

Hotel of Doom

Struktur bangunan berbentuk piramida menjulang tinggi yang disebut “Hotel of Doom” ini adalah Hotel Ryugyong di Pyongyang, Korea Utara. Mulai dibangun pada tahun 1980-an tempat ini tidak lagi berpenghuni.

Hotel berlantai 105 ini dimaksudkan untuk menjadi salah satu bangunan tertinggi di dunia, tetapi konstruksi dihentikan pada tahun 1990-an karena masalah rekayasa dan kurangnya dana.

Ryugyong menjadi gedung kosong tertinggi di dunia. Bangunan ini memiliki tinggi sekitar 1.082 kaki dan menghabiskan biaya sekitar US$ 583,7 juta untuk membangunnya.

Desas-desus telah beredar bahwa hotel itu kini mungkin selesai dan segera dibuka, tetapi untuk saat ini, tampaknya masih kosong.

NEXT

Loading...
Facebook Comments