Emir Qatar Hadiahi Erdogan Jumbo Jet Mewah Seharga Rp5,4 Triliun

Boeing 747-8 mewah yang dihadiahkan Emir Qatar pada Erdogan /Twitter Joel Vogt

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendapat hadiah dari Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani sebuah pesawat mewah Boeing 747-8. Pesawat ini disebut-sebut sebagai jet pribadi terbesar dan termahal di dunia.

Jet mewah seharga US$367 juta atau sekitar Rp5,4 triliun tersebut mendarat di bandar udara internasional Sahiba Gokcen di Istanbul dari Prancis, kata surat kabar Turki “Yeni Safak”.

Pesawat tersebut dirancang untuk membawa 94 orang, termasuk 76 penumpang dan 18 awak kabin. Pesawat itu memiliki sejumlah kabin, ruang bersantai dan ruang rapat berukuran besar serta tempat duduk kelas satu. Jet itu bahkan memiliki rumah sakit.

Jet hadiah dari emir Qatar tersebut juga dilengkapi dengan sistem hiburan Panasonic yang sangat canggih serta sistem kamera dan keamanan penuh.

Pesawat Boeing 747-8 tersebut sebelumnya digunakan pada Qatar Amiri Flight, perusahaan penerbangan untuk kalangan khusus, yang dikelola hanya untuk melayani keluarga kerajaan serta pejabat tinggi pemerintahan kerajaan di Teluk itu.

Sebelumnya JejakTapak juga pernah menulis tentang pesawat ini. Sebelum dihadiahkan ke Erdogan, pesawat ini ditawarkan untuk dijual. Tidak jelas kenapa kemudian pesawat diberikan sebagai hadiah dan tidak jadi dijual. Kecil kemungkinan Turki membeli pesawat itu mengingat ekonomi negara tersebut sedang limbung.

Pesawat yang  terdaftar sebagai VQ-BSK itu terhitung baru karena baru keluar dari jalur perakitan di Everett pada bulan Desember 2012.

Pesawat kemudian menghabiskan beberapa tahun untuk melengkapi fitur dan interior VVIP yang dikerjakan oleh pusat layanan Boeing San Antonio sebelum dikirim ke Qatar pada tahun 2015. Setelah itu pesawat juga jarang digunakan karena hingga kin baru terbang 436 jam dengan 200 siklus terbang.

Soal interiornya, jangan tanya. Super mewah. Pesawat ini hanya dirancang hanya untuk membawa 76 penumpang dan 18 awak . Padahal aslinya  747-8 bisa membawa lebih dari 400 penumpang. Jadi bisa dibayangkan betapa banyaknya ruang yang digunakan untuk mengakomodasi fitur mewah pesawat.

Pesawat dilengkapi dengan sistem hiburan Panasonic  yang canggih dan kamera serta sistem keamanan penuh oleh Otonomy Aviation. Pesawat ini memiliki berbagai stateroom, lounge, ruang rapat, area tempat duduk kelas pertama, dan bahkan rumah sakit.

Tidak ada keraguan bahwa mengoperasikan jet pribadi terbesar dan termahal di dunia bukanlah urusan yang murah bahkan untuk sebuah kerajaan yang kaya minyak semacam Qatar. Selain itu, ukuran pesawat yang besar membatasi ketika datang ke beberapa tujuan.

Amiri Qatar Airlines juga mengoperasikan pesawat yang lebih kecil termasuk trio widebody A340 dan dua A330.  Mereka juga memiliki sekitar delapan pesawat berbadan sempit A320 serta A310.

Sebuah 747-8i baru harganya sekitar US$ 370 juta tetapi harga dapat berubah secara drastis berdasarkan sejumlah faktor yang dinegosiasikan antara Boeing dan pembeli. Bagian dalam jet VVIP sendiri dapat menghabiskan jutaan dolar itu sendiri, jadi sulit untuk diketahui berapa banyak Qatar telah berinvestasi di VQ-BSK.

 

Facebook Comments