China Luncurkan Jet Tempur FTC-2000G, Apa Bedanya dengan FTC-2000?

FTC-2000G

Perusahaan Industri Penerbangan Guizhou atau Guizhou Aviation Industry Corporation  (GAIC) China meluncurkan jet tempur multi-peran FTC-2000G pertama dari jalur produksi di kota Anshun di Provinsi Guizhou, China barat daya.

FTC-2000G dikembangkan oleh GAIC, yang berada di bawah perusahaan milik negara Aviation Industry Corporation of China (AVIC), untuk memenuhi permintaan pasar internasional.

Perusahaan ini memiliki hak kekayaan intelektual sepenuhnya dari pesawat. Pesawat ini diharapkan untuk melakukan penerbangan perdananya pada akhir bulan ini.

FTC-2000G adalah varian dari FTC-2000 Mountain Eagle (Shanying) dengan kemampuan multi-peran yang ditingkatkan. Sedangkan FTC-2000 sendiri merupakan versi ekspor dari pesawat latih tempur dua kursi JL-9 yang dioperasikan oleh Angkatan Udara China.

FTC-2000 varian ekspor dari JL-9

FTC-2000 adalah JJ-7 / FT-7 dengan sayap baru, fuselage  di depan dan intake udara samping, serta kokpit kaca.  Mesin, empennage, dan kontrol mekanis dari JJ-7 / FT-7 dipertahankan.

FTC-2000G menggunakan diverterless supersonic inlet dan memiliki lebih banyak cantelan. FTC-2000G lebih berat, lebih lambat, dan memiliki daya tahan kurang dari FTC-2000. Model ini dapat memiliki hingga tujuh cantelan dan berat suspensi maksimum 3.000 kg.

Pesawat militer multi-fungsi dapat digunakan sebagai pesawat serang, pertempuran udara dan pesawat latih. Pesawat juga bisa digunakan untuk misi pengintaian.

Facebook Comments

error: Content is protected !!