5 Proyek Angkatan Laut China dalam 5 Tahun ke Depan

Pesawat tempur siluman Shenyang "Gyrfalcon" J-31, program  jet tempur siluman kedua China, dilaporkan memiliki konfigurasi kapal induk, dengan sayap lipat dan landing gear diperkuat.

Angkatan Laut China telah secara besar-besaran membangun armada kapal perang mereka. Mereka baru saja meluncurkan dua kapal perusak 055 baru-baru ini. Mereka juga terus berterak maju dalam program kapal induk. Produksi pesawat patroli Y-8Q / KQ-200 ASW, kapal perusak 052D, korvet 056, dan 071 kapal serbu amfibi juga terus berlanjut.

Tetapi China belum akan berhenti. Sejumlah proyek besar masih akan terlihat di waktu-waktu yang akan datang. Berikut lima program yang mungkin bisa kita lihat dilakukan oleh Angkatan Laut China dalam lima tahun ke depan.

Frigate 054B

Setelah produksi 30 kapal dengan peluncuran pertama pada tahun 2006, produksi Frigate 054A akhirnya mulai berkurang. Sementara kapal tambahan diperkirakan akan diproduksi untuk diekspor ke Angkatan Laut Pakistan. Ada indikator kuat bahwa Angkatan Laut China sekarang akan pindah ke frigat yang lebih maju untuk melengkapi armada 054A yang ada.

Nama frigat ini telah banyak disebut sebagai 054B dan 057, tetapi akhir-akhir ini 054B lebih sering digunakan, mungkin karena kapal akan menjadi turunan dari lambung 054A daripada desain yang benar-benar baru. Dikabarkan bahwa sekitar 24 054B saat ini sedang dipesan, dan akan diproduksi di Hudong dan Huangpu, galangan kapal yang juga membangun semua frigat 054A.

Ukuran 054B diperkirakan tidak akan jauh lebih besar dari 054A, mungkin lebih dari 4.500 ton dan kurang dari 5.000 ton, tetapi akan tetap nyaman di kelas frigate medium. Kapal diharapkan untuk menggunakan sensor yang ditingkatkan dan bentuk eksternal yang lebih tersembunyi, dengan masuknya tiang terintegrasi.

Apa yang disebut “rice lantern”  yang diuji di Institut Riset Wuhan 701 telah dikabarkan sebagai fitur yang mungkin pada 054B tetapi ini secara alami belum dikonfirmasi. Paket senjata 054B diharapkan memiliki kapasitas serupa dengan 054A, tetapi tidak diketahui apakah akan menggunakan vertical launch system (VLS) panas yang lebih terbatas atau VLS yang digunakan  pada 052D dan 055.

Desas-desus seputar 054B juga secara konsisten mengatakan kapal akan menampilkan kemampuan anti-kapal selam yang jauh lebih baik, yang dibangun di atas fondasi kuat dari 054A, berpotensi dalam bentuk sensor bawah air yang ditingkatkan. 054B juga dianggap sebagai kelas kapal perang pertama di Angkatan Laut PLA untuk memadatkan sistem propulsi listrik terintegrasi.

Namun demikian, diperkirakan juga bahwa lambung awal dapat menggunakan sistem penggerak listrik parsial yang kurang ambisius, seperti menggabungkan penggerak listrik diesel dengan turbin diesel atau gas konvensional. Dalam hal apapun, 054B diharapkan untuk memompa sistem propulsi yang lebih canggih daripada sistem diesel dan diesel gabungan yang digunakan 054A.

LHD 075

Sebuah landing helicopter dock (LHD) berjenis kapal amfibi telah lama diprediksi akan dibangun Angkatan Laut China  setelah landing platform/dock (LPD) 071 muncul.  Satu model LHD untuk ekspor telah dipamerkan dengan menggusur bobot sekitar 20.000 ton, tetapi untuk PLA Navy mungkin akan jauh lebih besar.

Penunjukan LHD adalah 075. Namun, pada tahun-tahun sebelumnya telah secara salah diberi nama sebagai 081 di sejumlah publikasi.  075 diperkirakan memiliki bobot perpindahan penuh kurang dari 40.000 ton, mungkin sekitar 36.000-38.000 ton.

Jika benar maka akan lebih kecil dari kelas America atau Wasp milik US Navy, tetapi akan tetap menjadi LHD atau LHA terbesar di luar Amerika.

Saat ini diperkirakan bahwa tiga 075s telah diperintahkan oleh Angkatan Laut China, dengan pekerjaan  pada dua kapal pertama telah dimulai dalam setahun terakhir atau lebih. Kelas ini akan dibangun di galangan Hudong Zhonghua, fasilitas sama yang membangun semua LPD 071.

NEXT

Facebook Comments

error: Content is protected !!