For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Arab Saudi Benar-Benar Murka ke Kanada

Raja Salman / The Independent

Pernyataan menteri urusan luar negeri Kanada dan Kedutaan Besar Kanda di Riyadh mengenai pegiat sipil yang telah ditahan benar-benar membuat Arab Saudi marah besar. Berbagai langkah ekstrem pun dilakukan kerajaan kaya raya tersebut.

Arab Saudi pada Senin membekukan hubungan dengan Kanada sehubungan dengan pernyataan tersebut.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyatakan Kerajaan tersebut takkan menerima campur-tangan apapun dan akan bereaksi secara tegas.

Kerajaan Arab Saudi juga mengusir diplomat Kanada untuk meninggalkan negeri tersebut dalam waktu 24 jam, membekukan penanamdan modal antara kedua negara itu, dan memanggil duta besarnya dari Kanada.

Media lokal Sabq mengatakan juga ada juga instruksi untuk menghentikan pengiriman pasien Arab Saudi ke Kanada untuk dirawat.

Arab Saudi juga berencana memindahkan 12.000 mahasiswa Arab Saudi dan anggota keluarga mereka dari Kanada ke negara lain seperti Amerika Serikat.

Wakil Menteri Pendidikan Jassir Sulaiman mengatakan kepada stasiun TV Al Ekhbariya bahwa proses pemindahan akan berlangsung dengan pertimbangan tinggi kepentingan pendidikan dan kepentingan mahasiswa.

Maskapai penerbangan nasional Arab Saudi, Saudia,  juga telah menghentikan seluruh penerbangan ke Toronto.

Uni Emirat Arab pada Senin 6 Agustus 2018 juga menyampaikan penolakan tegasnya terhadap setiap campur tangan asing dalam urusan dalam negeri Arab Saudi.

UAE dengan kuat mendukung setiap tindakan atau kebijakan yang mungkin dilakukan atau disahkan oleh Arab Saudi berkaitan dengan urusan dalam negerinya, kata Kementerian Urusan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional di dalam satu pernyataan.

Facebook Comments