For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

5 Hal Yang Perlu Anda Tahu Tentang Type 055, Destroyer Terbesar di Asia

Type 055 China

China telah meluncurkan empat perusak rudal dipandu Type 055 dalam 13 bulan terakhir dan sedang membangun empat lagi untuk memenuhi kebutuhan akan kapal perang canggih

Kapal-kapal ini adalah destroyer terbesar dan paling canggih di Asia, yang dirancang untuk menjaga kapal induk dan memenuhi permintaan angkatan laut untuk kapal perang modern.

Berikut adalah lima hal yang perlu diketahui tentang destroyer Type 055:

Destroyer Type 055

1. Ukuran dan Persenjataan Lebih Mirip dengan Cruiser

Type 055 dilengkapi dengan baik untuk menjadi pendamping utama dalam kelompok tempur kapal induk China.

Dengan panjang lebih dari 180 meter dan lebar 20 meter seerta pemindahan penuh lebih dari 12.000 ton, ini adalah kapal yang menakutkan. Terlebih dilengkapi dengan senjata pertahanan udara, anti rudal, anti kapal dan anti kapal selam.

Meskipun secara resmi Angkatan Laut China menyebutnya sebagai destroyer, ukuran dan kapabilitas kapal melebihi standar tradisional untuk jenis kapal perang kecil dan cepat yang biasanya memainkan peran defensif melawan kapal selam dan pesawat.

Dalam laporan kekuatan militer tahunan Departemen Pertahanan Amerika, Type 055 disebut “cruiser”, yang menurut definisi Amerika, adalah kapal perang permukaan terbesar dan terkuat setelah kapal induk.

type 055

2. Destroyer Terkuat Kedua di Dunia

Type 055 memiliki sistem peluncuran rudal vertikal yang lebih besar dibandingkan sebagian besar destroyer di dunia dunia termasuk milik Angkatan Laut Amerika.

Kapal perang itu memiliki 112-sel VLS untuk menembakkan rudal HHQ-9 ke udara, rudal jelajah anti kapal YJ-18, rudal jelajah serangan darat CJ-10 serta rudal anti-kapal selam.

Kapal juga memiliki 130mm dual-purpose naval gun dan close-in weapon system serta membawa dua helikopter anti-kapal selam.

Fitur destroyer termasuk radar X band canggih dalam empat susunan yang memindai secara elektronik dan sistem elektronik terintegrasi yang mirip dengan sistem tempur Aegis pada kapal Angkatan Laut Amerika.

Mengingat ukurannya, Type 055 juga bisa berfungsi sebagai platform untuk mengembangkan senjata generasi berikutnya seperti senjata laser energi tinggi atau senjata lain. Secara teori, Type 055 adalah perusak paling kuat kedua di dunia setelah Kelas Zumwalt milik Amerika.

NEXT
Facebook Comments