For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Inilah Satu-Satunya Maskapai Sipil Yang Bisa Terbang ke Area 51

Janet adalah nama maskapai dengan armada yang tidak banyak dan menjadi salah satu maskapai penerbangan paling misterius di Amerika.

Janet menjadi satu-satunya pesawat penumpang yang melayani area 51 yang terkenal. Sebuah pangkalan rahasia Angkatan Udara AS di gurun Nevada, bersama dengan beberapa pangkalan udara militer utama yang digunakan untuk penelitian dan pengembangan, termasuk Naval Air Weapons Station China Lake, Air Force Plant 42 in Palmdale CA dan Tonopah Test Range, Nevada.

Janet yang merupakan secara tidak resmi merupakan kepanjangan dari Just Another Non Existent Terminal adalah layanan antar-jemput yang dioperasikan oleh AECOM, sebuah kontraktor pertahanan swasta, dari terminal di Bandara Internasional ‘McCarran Las Vegas, dengan armada Boeing 737-600 berwarna dominan putih dengan cheatline livery merah, selain itu  juga menggunakan dua Beechcraft 1900 dan tiga Beechcraft 200C yang dicat putih dengan garis-garis biru trim.

Seperti halnya area 51 sendiri, keberadaan Janet sangat misterius bahkan antara ada dan tiada. Tetapi wartawan Ian D’Costa baru saja menemukan bukti bahwa maskapai ini benar-benar ada.

Dalam postingnya di website TACAIRNET yang dikutip The Aviationist dia menulis

“Selain pesawat militer dengan izin yang ketat, Janet adalah satu-satunya pesawat di Amerika Serikat, apalagi seluruh dunia yang memungkinkan untuk mengakses Restricted Area 4808 North, wilayah udara di atas dan di sekitar Groom Lake. Seperti yang dapat Anda bayangkan, terbang untuk Janet mungkin sangat tidak menarik karena merupakan pekerjaan dingin dan direkrut dengan sangat selektif dan eksklusif.

AECOM baru-baru ini memosting lowongan kerja di website resmi mereka. Dalam lowongan itu disebutkan sejumlah persyaratan seperti pemeriksaan latar belakang dan mendapatkan Top Secret clearance dari pemerintah AS. Selain itu, calon pilot harus sehat secara medis dan harus pernah terbang dengan Boeing 737 dan lebih disukai dengan Boeing 737 Next Generation (737 NG). Calon pelamar juga harus memiliki minimal 2000 jam terbang dalam pesawat sayap tetap, yang setidaknya 1.000 jam harus di pesawat jet.

Meski bersifat rahasia penerbangan Janet dapat dilacak secara online di Flightradar24.com.

 

 

Facebook Comments