Tercepat dalam Sejarah, Pesawat Luar Angkasa Rusia Cetak Rekor Docking di ISS

Pesawat Progress Rusia

Pesawat kargo luar angkasa Rusia Progress MS-02 berhasil menerapkan skema ultra-cepat untuk menjangkau dan merapat dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional atau  International Space Station (ISS), yang memakan waktu kurang dari empat jam.

Roket Soyuz-2.1a dengan pesawat Progress MS-09 terbang pada Selasa dari pusat ruang angkasa Baikonur di Kazakhstan. Docking dengan ISS berlangsung tiga jam 40 menit setelah peluncuran pesawat ruang. Rekor sebelumnya adalah lima jam 39 menit.

Sebelumnya pada hari Selasa, perusahaan ruang angkasa Rusia Roscosmos mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pesawat ruang angkasa Progress MS-09 akan menjadi pesawat ruang angkasa tercepat dalam sejarah ISS dan akan mencapainya dalam waktu kurang dari empat jam .

“Keputusan seperti itu diambil oleh Komisi Negara berdasarkan penilaian parameter penempatan pesawat kargo ruang angkasa di orbit di sekitar Bumi. Skema dua putaran untuk docking kapal ruang angkasa ‘dengan ISS akan digunakan untuk pertama kalinya dalam sejarah penerbangan antariksa, “kata pernyataan yang dirilis di situs web Roscosmos.

Facebook Comments