For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Karya Dalam Negeri, KRI Albakora-867 Masuk Jajaran TNI AL

KRI Albakora-867

KRI Albakora-867 secara resmi dilantik untuk memperkuat Angkatan Laut Indonesia (TNI AL). Pelantikan kapal ini dilakukan Senin di Dermaga Sunda Kelapa, Batavia, Marina Ancol, Jakarta Utara, Senin.

Alutsista baru TNI AL ini merupakan kapal perang karya anak bangsa yang diproduksi oleh PT Caputra Mitra Sejati, Banten.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji yang memimpin upacara mengatakan keberadaan KRI Albakora-867 akan memperkuat Satuan Kapal Patroli (Satrol) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura, jajaran Komando Armada III.

Laksamana TNI Siwi Sukma Adji juga melantik serta mengukuhkan Mayor Laut (P) Sony Sartantyo, yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) ke – 51 sebagai Komandan KRI yang pertama.

“Negara dan bangsa telah mempercayakan kepada kalian untuk memelihara dan mengoperasikan KRI ini sesuai dengan fungsi asasinya. Oleh karena itu, saya instruksikan untuk merawat dan mengoperasikan KRI ini dengan sebaik-baiknya sehingga dapat mendukung tugas-tugas TNI Angkatan Laut yang semakin profesional,” tegas Siwi sebagaimana dikutip Antara.

Kapal patroli cepat PC-40 yang diresmikan ini memiliki panjang 45,5 meter, lebar 7,9 meter, bobot 220 ton, dengan kecepatan maksimal 24 knot, kecepatan jelajah 18 knot dan kecepatan ekonomis 15 knot. Kapal ini dilengkapi dengan dua unit radar JRC JMR-9225-6XN dan JRC JMA-9122-6XA serta memiliki ketahanan kemampuan layar selama enam hari.

Albakora diambil dari nama jenis ikan Tuna Putih yang memilki karakteristik kecepatan dan ketahanan dalam berenang.

Facebook Comments