For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Italia Takkan Tambah Pembelian Jet Tempur F-35, Mungkin Malah Berkurang

Italia menyatakan tidak akan membeli lebih banyak jet tempur Lockheed Martin Corp F-35 dan sedang mempertimbangkan apakah akan tetap mempertahankan jumlaha yang sudah diputuskan.

Menteri Pertahanan Elisabetta Trenta yang berasal dari kelompok The 5-Star Movement mengatakan yang berasal dari memang selalu kritis terhadap pesanan 90 pesawat generasi kelima tersebut dengan  mengatakan uang itu bisa lebih baik dihabiskan untuk meningkatkan kesejahteraan dan membantu ekonomi yang lamban.

“Kami tidak akan membeli F-35 lagi,” kata Trenta dalam wawancara televisi dengan penyiar swasta La 7 Jumat 6 Juli 2018 dan dikutip Reuters. “Kami sedang menilai apa yang harus dilakukan mengenai kontrak yang sudah ada.”

Namun dia menjabarkan beberapa alasan untuk berhati-hati  karena mengurangi pesanan juga bisa merugikan seperti dalam hal teknologi dan penelitian di Italia terkait dengan pesawat, serta pekerjaan yang akan hilang.

F-35 dibuat oleh Lockheed Martin Corp, dengan perusahaan termasuk Northrop Grumman Corp, Pratt & Whitney dari United Technologies Corp dan BAE Systems Plc juga terlibat.

Namun, Trenta mengatakan dia melihat manfaat dengan mengurangi pembelian akan memberikan lebih banyak dana untuk investasi dalam proyek pertahanan Eropa.

Beberapa pejabat The 5-Star Movement mengatakan tahun lalu bahwa Italia harus membatalkan pesanan untuk para jet tempur tersebut, tetapi Trenta menjelaskan bahwa dia keberatan tentang hal ini.

“Tidak ada yang menyembunyikan fakta bahwa kami selalu kritis. Mengingat kontrak yang ada ditandatangani oleh pemerintah sebelumnya, kami melakukan penilaian dengan cermat yang secara eksklusif mempertimbangkan kepentingan nasional,” katanya.

The 5-Star Movement membentuk pemerintahan koalisi populis bulan lalu dengan partai Liga kanan.

Facebook Comments