For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kapal Selam AIP Pertama China Pecahkan Sejumlah Rekor

Kapal Selam Kelas Yuan China

Kapal selam pertama China yang menggunakan teknologi air-independent propulsion (AIP) baru-baru ini memecahkan sejumlah rekor yang ada di Angkatan Laut China.

Science and Technology Daily melaporkan rekor yang dipecahkan termasuk jarak berlayar terjauh, kedalaman maksimum dan lama menyelam. Tetapi tidak disebutkan angka-angka yang dicapai dari masing-masing rekor tersebut..

Kapal selam AIP pertama China merupakan Type 039A atau yang oleh NATO disebut sebagai Kelas Yuan.

Pengamat militer Zhang Haixiong mengungkapkan bahwa kapal selam yang dilengkapi dengan teknologi AIP mampu memperpanjang durasi operasi di bawah air hingga sekitar dua atau tiga minggu. Kapal selam juga lebih tenang.

Kapal selam konvensional dapat menghabiskan rentang bawah air dari 10 hingga 100 jam dan harus muncul ke permukaan untuk mengisi baterai dengan tenaga diesel. Sementara dengan AIP pengisian daya bisa dilakukan sembari menyelam.

Zhang mencatat bahwa efektivitas tempur kapal selam AIP berada di bawah kapal selam nuklir. Meski kapal selam AIP lebih mahal saat ini, di masa depan mereka akan menjadi opsi konvensional.

Facebook Comments

error: Content is protected !!