Setelah di Djibouti, Pilot Militer Amerika di Pasifik Juga Jadi Target Serangan Laser

Pilot pesawat militer Amerika yang beroperasi di Samudera Pasifik dilaporkan telah ditargetkan oleh laser lebih dari 20 kali dalam beberapa bulan terakhir.

Pejabat Amerika mengatakan kepada The Wall Street Journal semua insiden terjadi di dekat Laut China Timur di mana militer dan warga sipil China sering beroperasi sebagian untuk menopang klaim mereka atas wilayah tersebut

Laporan ini datang tidak lama setelah Pentagon menuduh militer China menggunakan laser terhadap pilot mereka di Djibouti. Akibat serangan tersebut para pilot menderita cedera mata ringan, tetapi China membantah terlibat.

Tidak jelas siapa yang berada di belakang serangan ini di Pasifik dan para pejabat mengatakan laser yang digunakan adalah kelas komersial, seperti laser pointer yang sering digunakan untuk briefing dan bahkan bermain dengan kucing. Berbeda dengan laser yang digunakan untuk menyerang pilot Amerika di Djibouti yang merupakan laser kelas militer.

Laser dilaporkan mengarah pada pesawat Amerika dari kapal nelayan, beberapa di antaranya kapal berbendera China.

Para pejabat Amerika mengatakan mereka saat ini tidak percaya militer China berada di belakang insiden ini, tetapi juga tidak dapat sepenuhnya mengesampingkan hal itu mengingat masalah baru-baru ini di Djibouti.

Mereka menambahkan bahwa mungkin nelayan China atau orang-orang dari negara lain dapat melakukan ini untuk melecehkan pilot Amerika. Juga tidak jelas jenis pesawat apa yang ditargetkan.

Setelah insiden di Djibouti, Pentagon pada bulan Mei mengeluarkan keluhan resmi ke China dan meminta pemerintahnya untuk menyelidiki.

Sebagai tanggapan, Kementerian Pertahanan China mengatakan, “Kami telah menyanggah kritik yang tidak benar melalui saluran resmi. Pihak China secara konsisten mematuhi hukum dan hukum internasional dari negara setempat, dan berkomitmen untuk melindungi keamanan dan stabilitas regional. ”

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying menambahkan bahwa pemerintah telah melakukan pemeriksaan serius  menambahkan: “Anda dapat mengingatkan orang Amerika yang relevan untuk mengingat kebenaran dari apa yang mereka katakan, dan tidak dengan cepat berspekulasi atau membuat tuduhan.”

Facebook Comments