For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

F-86 Sabre vs Mig-15, Pertarungan Dua Musuh Bebuyutan

Mig-15 dan F-86 Sabre

Perang Korea adalah yang perang pertama pasca-1945, yang kemudian menyeret Amerika ke medan Vietnam,  Afghanistan dan Irak. Tentara Korea Utara dan PBB berkali-kali bertempur di atas perbukitan Korea, tanpa cukup memahami untuk siapa mereka berjuang dan apa yang mereka perjuangkan.

Tapi perang udara di atas Korea adalah sebuah kemunduran ke masa lalu. Tidak Perang Dunia II, meskipun banyak dari para pilot di Korea telah menarik darah pertama dalam konflik sebelumnya.

Medan perang ini menjadi perjuangan global besar-besaran industri perang udara, di mana para pejuang melemparkan ribuan pesawat di satu sama lain dan pilot dan mesin yang begitu banyak amunisi dibuang.

F-86 Sabre dan MiG-15 berjuang di atas Korea Utara. Waktu ini menjadi pertempuran pesawat tempur pertama yang menggunakan tenaga jet. Dogfights yang terjadi mirip dengan situasi Perang Dunia I dan terkenal yang sebutan “knights of the air” atau kesatria di udara.

F-86 Sabre
F-86 Sabre

“Di sini, yang terbaik dari kedua belah pihak berduel, berjuang dan membunuh dan bahkan dari hasil perang secara keseluruhan sebenarnya lebih banyak pertempuran untuk prestise bangsa yang terlibat  dan reputasi industri kedirgantaraan masing-masing – dan untuk ketenaran pilot pesawat tempur yang terlibat, “tulis penulis Douglas Dildy dan Warren Thompson dalam buku F-86 Sabre vs MiG-15: Korea 1950-1953

Protagonis teknologi yang berbeda, namun anehnya cocok. Merasa memiliki pesawat paling canggih, Amerika terkejut menemukan jet tempur kecil, cepat, bermanuver dan bersenjata berat yakni MiG-15.

Pesawat ini menjadi pembunuh bomber B-29 Superfortresses. The Superforts yang meneror Tokyo pada tahun 1945 seperti menjadi bebek pada tahun 1950 sehingga mereka harus beralih ke misi pengeboman malam di mana MiG-15 sedikit turun kemampuan membunuhnya.

Apakah B-29  tidak dikelilingi oleh pesawat tempur pendamping? Tentu saja. Sayangnya, mereka dikawal pesawat tempur F-80 dan F-84. Pesawat dengan sayap lurus, bukan sayap menyapu, artinya masih merupakan model lama yang juga tidak berdaya ketika bertemu MiG-15.

Next: F-86 Sabre Datang, Situasi Berubah

Facebook Comments