5 Hal Ini Jadi Ancaman Serius Kapal Induk di Masa Depan

Kita tahu cara membunuh kapal induk-atau setidaknya kita tahu cara terbaik untuk mencoba membunuh kapal induk.

Kapal selam meluncurkan torpedo, rudal jelajah yang ditembakkan dari berbagai platform dan rudal balistik semuanya dapat memberi kapal induk hari yang sangat buruk. Tentu saja, kapal induk modern memiliki cara untuk mempertahankan diri dari semua jalan serangan ini, dan sejauh ini kita belum memiliki bukti bagus tentang keseimbangan sebenarnya antara sistem ofensif dan defensif.

Tapi bagaimana dengan masa depan? Bagaimana kita merencanakan untuk membunuh kapal induk 30 tahun dari sekarang? Inilah lima masalah yang akan dihadapi arsitek pesawat induk generasi berikutnya.

Kapal Selam Tanpa Awak

Kapal selam telah lama menimbulkan ancaman mematikan bagi kapal induk. Dalam Perang Dunia II, banyak kapal induk menderita kekalahan dari kapal selam. Dalam Perang Dingin, Angkatan Laut Amerika memandang kapal selam Soviet sebagai masalah kritis.

Melawan kemampuan peperangan antisubmarine modern, kesulitan terbesar yang dihadapi oleh sebuah kapal selam adalah bagaimana mencari kapal induk, kemudian masuk ke posisi menembak (dengan rudal atau torpedo) sebelum pesawat di kapal induk dan kapal pendamping dapat mendeteksi dan membunuh mereka.

Kapal selam tak berawak memecahkan beberapa masalah ini. Mereka bisa menunggu tanpa batas waktu di sepanjang jalan  yang mungkin dilalui, mereka hanya bergerak menyerang setelah mereka mendeteksi kapal induk.

Kapal selam robot tidak terlalu khawatir tentang bagaimana keluarga mereka akan mencari cara mereka pergi setelah melakukan serangan. Dengan hanya berbekal beberapa senjata, kendaraan bawah laut tak berawak, yang beroperasi secara otonom  dapat memberi masalah sangat serius bagi kapal induk.

Serangan Cyber

Kapal induk  terdiri dari sistem sistem yang sangat mengerikan, mulai dari kapal sampai sampai sayap udara dan kelompok tempur. Kapal induk Kelas Ford akan jauh lebih jauh lagi dengan beroperasi sebagai bagian dari sistem senjata dan sensor yang bisa menjangkau ratusan bahkan ribuan mil.

Jaringan digital jaringan  akan terlindungi dengan baik, namun hampir tidak kedap dan tetap ada kemungkinan musuh  mencoba mengganggu  sistem komputer yang memungkinkan Ford memiliki masalah terbesar.

Dampak serangan cyber terhadap kapal induk bisa sangat bervariasi.  Paling tidak, mereka bisa secara efektif membuat kapal induk buta, sehingga lebih sulit bagi kapal dan pesawat terbang untuk menjalankan misi mereka.

Serangan semacam ini juga bisa mengungkap lokasi kapal induk, membuat kapal rentan terhadap berbagai serangan, termasuk rudal dan kapal selam. Yang paling ekstrem,  serangan cyber bisa menonaktifkan sistem kunci, sehingga kapal tidak bisa mempertahankan dirinya sendiri.

NEXT
Facebook Comments

Translate »