Arsenal Rusia di Kaliningrad dan Ancaman Pada Nato

Rudal Iskander-M /Sputnik

Amerika dan sekutu NATO telah dibuat cemas dengan keputusan Rusia untuk memperkuat militer mereka di Kaliningrad, sebuah wilayah strategis yang ada di wilayah Baltik. Rusia dianggap sedang mempersiapkan diri untuk melakukan serangan ke Eropa.

Kekhawatiran NATO ini didasarkan pada sejumlah sistem senjata Rusia yang diinstal di wilayah tersebut. Beberapa di antaranya mampu melakukan serangan langsung ke kota-kota besar di Eropa.

Amerika dan NATO telah mendesak Rusia untuk menjelaskan tentang keberadaan kekuatan militer mereka di Kaliningrad. Tetapi Rusia menolak dengan alasan mereka berhak menempatkan senjata di wilayah mereka sendiri.

Rusia juga mengatakan bukan senjata mereka di Kaliningrad yang merusak keseimbangan militer sebagaimana dituduhkan NATO. Justru kekuatan NATO dan Amerika yang ditumpuk di sepanjang perbatasannya menjadi masalah serius.

Rusia juga mengecam keputusan Pentagon untuk menempatkan sistem rudal pertahanan mereka di sejumlah negara Eropa termasuk di Rumania. Meski disebut sebagai rudal pertahanan dan diperuntukkan untuk melawan rudal Iran atau Korea Utara, Moskow melihat hal itu hanya sebatas alasan.

Sistem pertahanan rudal Amerika diduga oleh Rusia bisa segera berubah dengan cepat menjadi sistem rudal yang mampu menyerang negara lain, termasuk Rusia.

Lantas apa saja sistem senjata Rusia yang ditempatkn di Kaliningrad dan seberapa jangkauan mereka hingga NATO begitu cemas? Mari kita lihat dari grafis yang dibuat RAND Corporation di bawah ini.

Facebook Comments

error: Content is protected !!