5 Siluman Yang Telah Lahir di Amerika

b-2

4. B-2 Spirit

Pertama kali terungkap pada tahun 1988. Dibangun oleh Northrop Corporation B-2 Spirit adalah pembom strategis pertama yang benar-benar siluman. Desain berekor itu dimaksudkan untuk meminimalkan radar signature pesawat yang memungkinkan untuk menembus pertahanan udara Soviet jika terjadi perang nuklir.

Di akhir Perang Dingin 132 pesawat dalam rencana untuk diproduksi tetapi hanya 21 yang dibangun. Keberhasilan F-117 Nighthawk selama Perang Teluk 1991 menunjukkan utilitas pesawat stealth dalam  serangan presisi konvensional, dan armada B-2 dimodifikasi untuk melakukan misi konvensional. -B 2 mampu membawa segala bentuk bom dari bom nuklir B61 gravitasi konvensional Joint Directed Attack Munition (JDAM), hingga Masif Ordnance Penetrator (MOP) seberat 30.000 pound.

B-2 yang pertama terbang dalam pertempuran di Kosovo pada tahun 1999. Pesawat ini juga telah diterbangkan dalam mendukung Operasi Enduring Freedom dan Operasi Pembebasan Irak. Pada tahun 2011, tiga B-2 terbang dari benua Amerika Serikat menghantam sebuah lapangan udara Libya selama Operasi Odyssey Dawn.

f-22 15

4. F-22 Raptor

Kalau ini benar-benar pesawat tempur siluman operasional karena memiliki kemampuan tinggi dalam tempur udara. F-22 Raptor dirancang untuk menggantikan F-15 Eagle.

Tidak seperti pesawat siluman Amerika sebelumnya, termasuk F-117 dan B-2, Raptor adalah benar-benar jet tempur, menggunakan stealth untuk memenangkan perang udara.

Dinyatakan operasional pada bulan Desember 2005, F-22 adalah pesawat tempur terbaik di dunia, mengungguli semua pesawat tempur yang ada saat ini dan satu-satunya pesawat tempur generasi kelima yang ada di operasional.

F-22 mulai hidup di akhir 1980-an dari Advanced Tactical Fighter (ATF). ATF akan menjadi pesawat pertama yang menggabungkan siluman dan kemampuan manuver tinggi. F-22 dirancang untuk mengindar dari sapuan radar dan superioritas udara.

Radar cross section dari F-22 diperkirakan karena produsen Lockheed Martin beberapa sudut, menggunakan “marmer baja.” Angkatan Udara AS awalnya berencana untuk memesan 750 F-22 untuk menggantikan F-15A dan F-15C. Tetapi karena mahalnya pesawat akhirnya hanya 183 pesawat yang dibuat.

Kapal Selam Kelas Ohio

 5. Kapal Selam Nuklir Kelas Ohio

Stealth tidak hanya berlaku untuk pesawat-kapal selam juga telah menggabungkan fitur tersembunyi selama beberapa dekade.

Di antara kapal selam, kombinasi yang paling kuat dari kemampuan membunuh dan menghindar dari radar adalah kapal selam nuklir rudal balistik kelas Ohio  Konon kapal ini tidak pernah terdeteksi oleh kapal selam Soviet atau kapal selam dari negara manapun.

Kapal Selam Ohio dengan bobot tenggelam 18.450 ton adalah kapal selam terbesar yang pernah dibangun oleh Amerika Serikat. Fitur siluman termasuk silinder, lambung berbentuk ikan untuk gerakan cepat dengan suara minim.

Peralatan yang memunculkan suara diisolasi sangat tebal. Rudal nuklir silo  diletakkan dalam dua baris di belakang, yang rata dengan lambung untuk mengurangi kebisingan aliran. Kapal juga menggunakan dua turbin uap dengan  satu untuk operasi yang tenang.

Sebanyak 18 kapal selam kelas Ohio dibangun-empat belas berfungsi sebagai kapal selam rudal balistik sementara empat yang dipersenjatai kembali dengan rudal jelajah Tomahawk.

Sumber: National Interest

 

Facebook Comments

error: Content is protected !!