For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Mengenal 16 Kelas Kapal Angkatan Laut Amerika

Kapal Patroli Kelas Cyclone

Kapal-kapal patroli Kelas Cyclone kelas beroperasi dengan Angkatan Laut Amerika dan Filipina. Empat kapal dipinjamkan ke Penjaga Pantai Amerika selama empat tahun, tetapi dikembalikan ke Angkatan Laut pada tahun 2011.

Kapal ini mampu beroperasi di zona pantai dan dimaksudkan untuk patroli pantai, larangan maritim, dan pengawasan. Mereka juga dimaksudkan untuk mendukung operasi Navy Seal, dan dengan demikian ditugaskan ke Komando Pasukan Khusus Angkatan Laut.

Saat ini 10 dari 13 Cyclone milik Angkatan Laut dikerahkan di Teluk Persia untuk memantau Iran, dengan tiga lainnya ditempatkan di Florida.

Kelas Arleigh Burke

Destroyer Kelas Arleigh Burke

Dengan lebih dari 60 kapal dalam dinas aktif, perusak peluru kendali Arleigh Burke menjadi tulang punggung armada Amerika. Mereka dimaksudkan untuk menjadi kapal multi-misi, yang mampu menjalankan peran anti-kapal, anti-udara, dan anti-kapal selam.

Setiap perusak memiliki satu senapan Mark 45, tetapi senjata yang sebenarnya adalah rudalnya yakni hingga 96 termasuk Tomahawks, RIM-66, SeaSparrows, RIM-174s, dan Harpoons. Sebanyak 25 kelas perusak Arleigh Burke juga dilengkapi dengan Sistem Pertahanan Rudal Balistik Aegis.

USS Wasp (LHD-1)

Kapal Serbu Amfibi Kelas Wasp

Kapal serbu amfibi Kelas Wasp adalah Landing Helicopter Dock yang membantu dalam operasi amfibi. Mereka dapat membawa detasemen Angkatan Laut yang sangat besar, serta pendarat, kendaraan lapis baja, dan helikopter.

Mereka juga dapat membawa pesawat AV-8B Harrier II dan F-35B – dua pesawat yang mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal. Delapan kapal saat ini dalam layanan aktif.

Kapal Penyapu Ranjau Kelas Avenger

Kapal Penyapu Ranjau Kelas Avenger

Kapal penyapu ranjau Kelas Avenger didedikasikan untuk membersihkan ranjau di perairan penting. Mereka tidak memiliki persenjataan besar, hanya memiliki dua senapan mesin kaliber .50 di deknya.

Penjelajah Kelas Ticonderoga USS San Jacinto.

Kapal Penjelajah Kelas Ticonderoga

Kelas Ticonderoga adalah kapal penjelajah peluru kendali yang telah beroperasi dengan Angkatan Laut AS sejak 1978. Kapal ini multi-peran, dengan persenjataan yang memungkinkan mereka untuk melayani peran anti-kapal, anti-udara, dan anti-kapal selam, dan dimaksudkan untuk menjadi kapal pengawal kapal induk.

Kapal kelas Ticonderoga menjadi komponen terbesar kedua di Angkatan Laut Amerika setelah perusak Arleigh Burke, dengan 22 kapal aktif (meskipun beberapa tidak lagi dalam peran pertempuran).

Kapal Induk Nimitz/US Navy

Kapal Induk Kelas Nimitz

Pertama kali didirikan pada tahun 1975, kapal induk kelas Nimitz dibangun untuk menggantikan kelas Kitty Hawk dan Enterprise, dan telah menjadi tulang punggung armada kapal induk Angkatan Laut Amerika sejak tahun 1980-an, dengan 10 kapal saat ini dalam pelayanan.

Kapal Induk Kelas Nimitz diawaki sekitar 5.000 orang ketika memiliki sayap udara penuh, dan dapat membawa 85-90 pesawat. Kapal kelas Nimitz telah menjadi simbol kekuatan Amerika, yang telah dikerahkan untuk melakukan misi di seluruh dunia.

Kapal Komando Kelas Blue Ridge

Kapal komando kelas Blue Ridge dimaksudkan untuk menyediakan struktur komando bagi komandan armada dan perwira tinggi lainnya yang mengawasi penyebaran besar.

Saat ini ada dua kapal komando kelas Blue Ridge, USS Blue Ridge dan USS Mount Whitney. USS Blue Ridge  telah melayani sejauh Perang Vietnam.

USS Constitution

USS Constitution adalah kapal tertua Angkatan Laut Amerika dan kapal angkatan laut tertua yang masih beroperasi di dunia. USS Constitution merupakan yang kedua dari enam frigat pertama yang dibangun untuk Angkatan Laut Amerika.

Dalam 58 tahun pelayanan aktifnya, USS Constitution  berjuang dalam tiga perang (Perang Quasi, Perang Barbar, dan Perang 1812) dan memenangkan 33 pertempuran tanpa satu kekalahan pun USS Constitution juga berlayar di seluruh dunia, dan merupakan simbol dari kekuatan awal Amerika. Kapal saat ini merupakan kapal museum, dan ditempatkan di Boston Harbor.

Facebook Comments