Moskow Cari Cara untuk Bisa Merawat Helikopter Rusia Yang Digunakan Afghanistan

Mi-17 Afghanistan

Penasihat Presiden Rusia untuk Kerjasama Militer Vladimir Kozhin Moskow sedang mencari cara untuk bisa merawat helikopter Rusia yang digunakan pasukan keamanan Afghanistan.

“Saya pikir kita akan menemukan cara untuk memastikan bahwa helikopter kita digunakan di Afghanistan untuk melindungi pemerintah sah negara tersebut,” katanya kepada stasiun TV 24 Rossiya dan dikutip TASS Senin 12 Maret 2018.

Kozhin mengatakan bahwa Amerika Serikat saat ini memasok helikopter ke Afghanistan. “Semua metode dan cara tekanan anti-diplomatik dilakukan untuk memaksa Afghanistan membuat keputusan ini,” tegasnya.

Duta Besar Rusia untuk Afghanistan Alexander Matnytsky mengatakan sebelumnya bahwa meskipun negara-negara barat telah meluncurkan program untuk pasukan keamanan Afghanistan, Kabul masih tertarik dengan helikopter buatan Rusia.

Menteri Pertahanan Afghanistan Tariq Shah Bahrami mengatakan sebelumnya bahwa negara tersebut tidak memerlukan helikopter buatan Rusia lagi sejak mulai menerima helikopter dari negara-negara anggota NATO.

Pada saat yang sama, dia menekankan bahwa saat beralih ke helikopter dari anggota NATO, Afghanistan akan memerlukan bantuan dalam mempertahankan helikopter Rusia.

Negara-negara asing, termasuk beberapa anggota NATO Eropa Timur, saat ini memberikan layanan pemeliharaan ke Afghanistan, karena mereka juga menggunakan helikopter buatan Soviet dan berpengalaman dalam mempertahankannya.

Paket helikopter Rusia untuk Afghanistan  merupakan salah satu bidang kerjasama utama antara Rusia dan NATO sampai aliansi tersebut membekukan proyek tersebut pada tahun 2014.

Facebook Comments

Translate »