For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

7 Kejadian Sepele Yang Mempengaruhi Hasil Perang

Nagasaki setelah dibom atom

Jangan meremehkan hal-hal yang terlihat kecil. Karena bisa jadi hal kecil itu akan menjadi penyebab dari sesuatu yang besar serta mengubah situasi menjadi sangat buruk. Dalam sejarah perang, bahkan sejumlah kejadian kecil telah mampu mengubah jalannya pertempuran, dan ini adalah tujuh di antaranya.

perang 1

1. Kolonel Tak Baca Catatan, Pasukannya Dibantai

Kolonel Johann Rall adalah komandan tentara Hessian di Trenton, New Jersey, pada Hari Natal tahun 1776. Rall berpesta dengan pasukannya ketika seseorang memberinya catatan yang kemudian langsung dia masukkan ke saku bajunya tanpa membacanya terlebih dahulu.

Beberapa jam kemudian, ia dan anak buahnya secara efektif dihapuskan oleh pasukan yang berjuang di bawah Jenderal George Washington.

Catatan yang memperingatkan Rall tentang akan adanya serangan ditemukan di sakunya setelah ia dibunuh.

Jika saja dia membacanya dan mempercayainya kehancuran bisa dicegah. Hessians bisa melakukan persiapan untuk menyergap pasukan menyerang Washington dan justru mungkin mengakhiri perang.

Tetapi yang terjadi sebaliknya, yang ada adalah kemenangan besar Patriot yang membantu kemenangna Amerika.

perang 2

2. Laporan Cuaca dan Pesta Ulang Tahun Mengubah Perang Dunia II

Perencana Nazi dan Sekutu telah memperkirakan tanggal potensi terjadinya invasi di musim berdasarkan, fase bulan, dan tren cuaca. Jendela terbaik untuk Sekutu adalah 4 Juni sampai dengan 6 Juni 1944. Pada 4 Juni langit cerah tapi ahli meteorologi Sekutu percaya cuaca akan berubah menjadi ganas, dan itu benar.

Sekutu Jenderal Dwight D. Eisenhower kemudian menunda serangan itu, dan komandan Nazi meninggalkan pertahanan pesisir mereka. Komandan Lapangan Jerman Marshall Erwin Rommel bahkan meninggalkan rumah untuk merayakan ulang tahun istrinya.

Tetapi Sekutu memiliki stasiun cuaca di atas Atlantik dan menemukan ketenangan dalam cuaca buruk yang Nazi tidak tahu tentang hal itu. Invasi akhirnya diluncurkan saat cuaca buruk pada 6 Juni, tapi kemudian cuaca berubah menjadi baik pada pagi hari.

Invasi Sekutu sukses sebagian karena seorang ahli meteorologi meyakini cuaca akan menjadi bagus. Hitler tidur, Rommel pergi ke pesta ulang tahun, dan para pemimpin senior lainnya memainkan permainan perang karena tidak satupun dari mereka tahu cuaca telah berubah dan invasi itu berlangsung.

perang 3

3.Perang Dunia I Dimulai Karena Sopir Salah Arah

Konspirator berusaha untuk membunuh Archduke Franz Ferdinand pada tahun 1914 dengan menyerang mobilnya selama parade. Salah satu pembunuh melemparkan granat tetapi memantul di kendaraan Archduke sebelum putra mahkota kerajaan itu bisa melarikan diri dan selamat.

Laporan bervariasi tentang apakah pasangan kerajaan berusaha untuk meninggalkan kota setelah serangan atau melanjutkan parade, tetapi yang pasti mereka mengemudi kembali di sepanjang rute tadi ketika mereka terlihat oleh pembunuh lain, Gavrilo Princip.

Mobil itu berhenti tepat di depan Princip dan dia menembak dua kali untuk membunuh Archduke dan istrinya yang kemudian menjadi pemicu Perang Dunia I.

NEXT

Facebook Comments